Penulis Utama : Idha Sri Suryani
NIM / NIP : E0011159
×

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur klaim dan pembayaran oleh BPJS Ketenagakerjaan kepada tenaga kerja yang mengalami kecelakaan kerja, serta untuk mengetahui kendala yang dialami oleh BPJS Ketenagakerjaan ketika tenaga kerja mengajukan klaim dan pembayaran jaminan kecelakaan kerja. Di samping itu juga untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan untuk menyelesaikan kendala yang terjadi ketika pengajuan klaim dan pembayaran jaminan kecelakaan kerja.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian hukum normatif yang bersifat preskriptif. Teknik pengumpulan bahan hukum dalam penelitian ini adalah dengan studi kepustakaan. Bahan hukum yang digunakan dalam penelitian ini adalah bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Bahan hukum yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan pendekatan perundang-undangan (statute aproach). Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deduksi.
Hasil penelitian yang diperoleh bahwa pengajuan klaim dan pembayaran jaminan kecelakaan kerja kepada BPJS Ketenagakerjaan oleh tenaga kerja yang mengalami kecelakaan dilakukan sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian. Selain itu kendala yang dihadapi oleh BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surakarta antara lain yaitu perusahaan yang masih menunggak iuran jaminan kecelakaan kerja serta keterlambatan pengajuan klaim kepada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surakarta. Upaya yang dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan Cabang Suakarta yaitu dengan mengadakan sosialisasi kepada perusahaan mengenai manfaat dari program jaminan kecelakaan kerja.
Kata Kunci: Jaminan Kecelakaan Kerja, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surakarta, Prosedur klaim dan Pembayaran.
ABSTRACT
This study attempts to know the procedure claim and payment by bpjs employment to labor who suffers occupational accident, and to identify the constraints experienced by bpjs employment when labor put forward a claim and payment employment accident benefit.In addition also determine efforts bpjs employment to complete the obstacles when filing a claim and the payment of employment accident benefit
This research including the kind of research normative law that are prescriptive.The technique of law in research is with the study literature.The law used in this research is the law primary and secondary of law.The law has been collected then analyzed by approach laws (statute aproach ).Technical data analysis used in research is by using the method deduction
The results of research obtained that filing a claim and the payment of employment accident benefit to bpjs employment by labor had an accident undertaken in accordance with the government regulation 44 years old 2015 on administering employment accident benefit and death benefit .In addition obstacles faced by bpjs employment the branch surakarta between in being companies have been in arrears employment accident benefit premium and delay filing a claim to bpjs employment the branch surakarta .Efforts bpjs employment the branch suakarta namely by held socialization to a company on the benefits of the program employment accident benefit .
Keywords: Employment Accident Benefit, Employment BPJS The Branch Of Surakarta, Procedure Claim And Payment            

×
Penulis Utama : Idha Sri Suryani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0011159
Tahun : 2015
Judul : Analisis Yuridis Prosedur Klaim dan Pembayaran Jaminan Kecelakaan Kerja Menurut Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (Studi di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Hukum - 2015
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Hukum Jur. Ilmu Hukum-E0011159-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Wida Astuti, S.H.,M.H
2. Sapto Hermawan, S.H., M.H.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.