Penulis Utama : Agipta Adhi Wirastratmaja
NIM / NIP : K5611004
×

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar keterampilan dasar bolabasket melalui pendekatan bermain dan modifikasi alat bantu pada siswa kelas VI SD Negeri II Ngadirejo Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri 2 Ngadirejo, Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 22 siswa, terdiri dari 13 siswa putra dan 9 siswa putri. Sumber data berasal dari guru, siswa, dan peneliti. Data hasil belajar keterampilan dasar bolabasket diperoleh melalui tes unjuk kerja dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa melalui model pembelajaran pendekatan bermain dan modifikasi alat bantu dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan dasar bolabasket. Hasil belajar tersebut meliputi aspek psikomotor, afektif, dan kognitif dari 22 siswa hanya 8 siswa yang mencapai KKM atau 36% pada kondisi awal, mengalami peningkatan menjadi 68% atau 15 siswa yang mencapai batas tuntas pada akhir siklus I. Selanjutnya meningkat menjadi 86% atau 19 siswa yang mencapai batas tuntas pada akhir siklus II. Dengan demikian, penelitian tindakan kelas pada siswa kelas VI SD Negeri 2 Ngadirejo dalam meningkatkan hasil belajar keterampilan dasar bolabasket melalui pendekatan bermain dan modifikasi alat bantu ini telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa.
Simpulan penelitian ini adalah melalui pendekatan bermain dan modifikasi alat bantu dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan dasar bolabasket pada siswa kelas VI SD Negeri 2 Ngadirejo Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2015/2016.
Kata Kunci: Keterampilan dasar bolabasket, pendekatan bermain, modifikasi alat bantu, hasil belajar

×
Penulis Utama : Agipta Adhi Wirastratmaja
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5611004
Tahun : 2015
Judul : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Dasar Bolabasket Melalui Pendekatan Bermain dan Modifikasi Alat Bantu pada Siswa Kelas VI SD Negeri 2 Ngadirejo Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Olahraga dan Kesehatan-K5611004-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. H. Mulyono, M.M
2. Islahuzzaman Nuryadin, S.Pd, M.Or,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.