Penulis Utama : Tri Wahyuni
NIM / NIP : K7111215
×

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mendeskripsikan penggunaan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dengan media visual dalam peningkatan pembelajaran Matematika; (2) untuk meningkatkan pembelajaran Matematika; dan (3) untuk mendeskripsikan kendala dan solusi penggunaan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dengan media visual dalam peningkatan pembelajaran Matematika di kelas I SDN 1 Kuwarasan tahun ajaran 2014/2015.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN 1 Kuwarasan tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 23 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Validitas data menggunakan teknik triangulasi yang berupa triangulasi sumber data dan teknik pengumpulan data. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari guru, siswa, dan observer. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan wawancara. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penggunaan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik(PMR) dengan media visual dalam peningkatan pembelajaran Matematika dilaksanakan melalui lima langkah yaitu: (a) dimulai dengan pemberian masalah kontekstual menggunakan media visual; (b) pemberian penjelasan masalah kontekstual dengan bantuan media visual; (c) penyelesaian masalah kontekstual dengan bantuan media visual; (d) membandingkan dan mendiskusikan jawaban; (e) penyimpulan jawaban secara bersama; (2) Penggunaan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dengan media visual dapat meningkatkan pembelajaran Matematika di kelas I. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan ketuntasan pembelajaran pada tiap-tiap siklus. Persentase ketuntasan pembelajaran Matematika pada siklus I mencapai 42,21%, pada siklus II meningkat menjadi 70,84%, dan pada siklus III meningkat menjadi 90,69%; dan (3) kendala utama penggunaan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik(PMR) dengan media visual yaitu siswa kurang fokus saat kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Solusi untuk mengatasi kendala tersebut yaitu sesekali membawa siswa keluar kelas agar pembelajaran dapat diterima dengan baik oleh siswa.
Simpulan penelitian ini yaitu penggunaan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dengan media visual dapat meningkatkan pembelajaran Matematika di kelas I SDN 1 Kuwarasan tahun ajaran 2014/2015.

 

×
Penulis Utama : Tri Wahyuni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7111215
Tahun : 2015
Judul : Penggunaan pendekatan pendidikan matematika realistik (pmr) dengan media visual dalam peningkatan pembelajaran matematika tentang bangun datar pada siswa kelas i sdn 1 Kuwarasan tahun ajaran 2014/2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K.7111215-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Suhartono, M.Pd.
2. Drs. Joharman, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.