Penulis Utama : Henggar Dimas Pradiva
NIM / NIP : K8411035
×

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Sosiologi siswa kelas X IIS 2 SMA Negeri 1 Boyolali Tahun Pelajaran 2014/2015 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi tindakan. Subyek pada penelitian tindakan kelas adalah seluruh siswa kelas X IIS 2 SMA Negeri 1 Boyolali yaitu sebanyak 31 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik utama dalam pengumpulan data menggunakan observasi dan tes, sementara teknik pendukung dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IIS 2 SMA Negeri 1 Boyolali. Pada tahap pratindakan, prosentase pencapaian aspek kognitif yaitu 58% dengan skor rata-rata kelas sebesar 64. Pada Siklus I terjadi peningkatan hasil belajar yaitu prosentase ketuntasannya adalah sebesar 87% dengan rata-rata skor sebesar 69. Pada siklus II prosentase ketuntasannya adalah sebesar 100% dengan rata-rata skor sebesar 73,55. Kemudian aspek afektif sebesar 77% pada siklus I menjadi 88% pada siklus II. Sementara aspek psikomotor sebesar 71% pada siklus I menjadi 87% pada siklus II
Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IIS 2 SMA Negeri 1 Boyolali.
Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Make a Match, Hasil Belajar.

 

×
Penulis Utama : Henggar Dimas Pradiva
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8411035
Tahun : 2015
Judul : Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan hasil belajar sosiologi siswa kelas x iis 2 sma negeri 1 Boyolali tahun pelajaran 2014/2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Sosiologi Antropologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Sosiologi Antropologi-K.8411035-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Slamet Subagya, M.Pd
2. Drs. M.H Sukarno M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.