Penulis Utama : Dinda Putri Asih
NIM / NIP : K2310027
×

Tujuan penelitian ini adalah mengimplementasikan modul Fisika SMA berbasis empat pilar pendidikan dengan aplikasi spreadsheet pada materi Gerak Proyektil yang memenuhi kriteria baik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan didukung data kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang berdasarkan model pengembangan Borg dan Gall sampai tahap ke tujuh. Prosedur penelitian berupa (1) Penelitian dan pengumpulan informasi, (2) Tahap perencanaan, (3) Pengembangan draft produk, (4) Uji coba lapangan awal, (5) Revisi uji coba lapangan awal, (6) Uji coba lapangan utama, (7) Revisi uji coba lapangan utama. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, angket, dan tes. Instrumen yang digunakan untuk mengambil data telah divalidasi oleh dosen pembimbing. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil validator dan nilai tes tertulis. Validator terdiri atas dua dosen ahli dan 3 guru sebagai reviewer serta responden yang terdiri dari 36 siswa kelas XI. Tes tertulis dilakukan setelah pembelajaran menggunakan modul Fisika berbantuan Spreadsheet Excel pada materi Gerak Proyektil. Teknik analisis data kualitatif yang digunakan yakni model interaktif dari Miles dan Huberman, sedangkan data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan penilaian penskoran standar yang dibagi menjadi lima kategori.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa modul Fisika berbasis empat pilar pendidikan dengan bantuan aplikasi spreadsheet yang telah diuji kelayakan oleh ahli dapat dimplementasikan pada pembelajaran Fisika SMA kelas XI dengan baik (berdasarkan hasil uji kelayakan melalui angket dan wawancara yang menunjukkan bahwa modul secara umum memiliki kriteria baik, serta hasil tes tertulis yang dilakukan setelah pembelajaran menggunakan modul Fisika berbantuan Spreadsheet Excel yang juga memperoleh kategori sangat baik). Modul Fisika berbasis empat pilar pendidikan ini terdiri atas 38 halaman yang berisi judul, kata pengantar, daftar isi, sajian isi modul, petunjuk penggunaan, peta komptensi, peta konsep, submateri gerak proyektil tanpa hambatan udara, submateri gerak proyektil yang memperhitungkan hambatan udara, rangkuman dan evaluasi.
Kata Kunci:Modul Fisika, Empat Pilar Pendidikan, Spreadsheet, Gerak Proyektil

 

×
Penulis Utama : Dinda Putri Asih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2310027
Tahun : 2015
Judul : Implementasi modul fisika sma berbasis empat pilar pendidikan dengan aplikasi spreadsheet pada materi gerak proyektil
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Fisika-K.2310027-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Supurwoko, M.Si
2. Ahmad Fauzi, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.