Penulis Utama : Bara Tracy Lovita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0012040
Tahun : 2015
Judul : Perbedaan Visual Analog Scale (Vas) Terapi Tens dan Ir Dengan Tens, Ir dan Proper Body Mechanic pada Pasien Low Back Pain di Rsud Dr Moewardi Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2015
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Kedokteran Jur. Psikologi - G0012040 - 2015
Subyek : VISUAL ANALOG SCALE (VAS)
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Bara Tracy Lovita, G0012040, 2015. Perbedaan Visual Analog Scale (VAS) Terapi TENS dan IR dengan TENS, IR dan Proper Body Mechanic pada Pasien Low Back Pain di RSUD Dr Moewardi Surakarta. Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Latar Belakang: Low back pain adalah nyeri di daerah punggung antara sudut bawah kosta sampai lumbosakral. Gejala ini merupakan masalah yang biasa dialami oleh sebagian besar orang. Derajat nyeri dalam penelitian ini dinyatakan menggunakan Visual Analog Scale (VAS). Tatalaksana kasus low back pain dapat berupa terapi modalitas (misalnya Transcutaneous Electrical Nerve Stimulation (TENS), pemanasan sinar Infra Red (IR) dan edukasi (misalnya mengenai proper body mechanic). Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan adakah perbedaan Visual Analog Scale (VAS) terapi TENS dan IR dengan TENS, IR dan proper body mechanic pada pasien low back pain di RSUD Dr Moewardi Surakarta.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan pretest dan posttest group. Sampel diambil secara total sampling. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 30 responden yang merupakan pasien low back pain di Instalasi Rehabilitasi Medik RSUD Dr Moewardi Surakarta. Responden dibagi menjadi dua kelompok, yaitu 15 responden diberikan intervensi TENS dan IR sedangkan kelompok lain mendapatkan terapi TENS, IR dan edukasi proper body mechanic. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t independent.

Hasil: Visual Analog Scale (VAS) terapi TENS dan IR dengan TENS, IR dan proper body mechanic pada pasien low back pain di Instalasi Rehabilitasi Medik RSUD Dr Moewardi Surakarta tidak terdapat perbedaan yang bermakna. Hal ini ditunjukkan dengan nilai p = 0,108 yang berarti p > 0,05. Hasil yang tidak signifikan ini terkait dengan berbagai faktor, baik internal maupun eksternal, misalnya usia, jenis kelamin, genetik, pekerjaan dan gaya hidup.

Simpulan: Visual Analog Scale (VAS) terapi TENS dan IR dengan TENS, IR dan proper body mechanic pada pasien low back pain di Instalasi Rehabilitasi Medik RSUD Dr Moewardi Surakarta tidak terdapat perbedaan yang bermakna. 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
cover.pdf
Bab 1_1.pdf
Bab 2_1.pdf
Bab 3_1.pdf
Bab 4_1.pdf
Bab 5_1.pdf
Bab 6_1.pdf
IMG_20151230_142308.jpg
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Desy Kurniawati Tandiyo, dr., Sp. KFR
2. Fx. Bambang Sukilarso S., dr., M.Sc., Sp. ParK.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran