Penulis Utama : Tri Prasetyo Utomo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M.0208057
Tahun : 2016
Judul : Penentuan zona rawan guncangan bencana gempa bumi berdasarkan pengukuran mikrotremor di Kabupaten Ponorogo
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. MIPA - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-F. MIPA Jur. Fisika-M.0208057-2016
Subyek : GEMPA BUMI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Telah dilakukan penelitian penentuan zona rawan guncangan gempa bumi berdasarkan pengukuran mikrotremor di Kabupaten Ponorogo dengan metode analisis HVSR (Horizontal to Vertikal Spectra Ratio) untuk membuat peta amplifikasi sebagai peta penguatan gempa bumi dan peta periode dominan sebagai peta ketebalan sedimen. Data pengukuran mikrotremor didapatkan dari survei lapangan dengan menggunakan alat seismometer dan alat pencatat datamark LS 7000 sejumlah 106 titik dengan interval 1 sampai 2 km pada kurun waktu 20 menit untuk setiap titik pengukuran.
Dari hasil pengukuran didapatkan wilayah yang mengalami kerusakan yang tinggi jika dilanda gempa bumi adalah wilayah yang memiliki nilai frekuensi rendah (0-2 Hz). Wilayah yang tingkat kerentanan tinggi jika dilanda gempa bumi berdasarkan nilai amplifikasi yaitu Kecamatan Pulung bagian barat, Kecamatan Sukorejo bagian utara, Kecamatan Siman bagian timur, Kecamatan Mlarak bagian timur, Kecamatan Sawo bagian utara, Kecamatan Babadan bagian utara, Kecamatan Sokoo bagian barat daya, Kecamatan Slahung bagian barat, sebagian besar Kecamatan Jambon dan Kecamatan Balong dengan nilai amplifikasi sangat tinggi (>9 kali). Wilayah yang tingkat kerentanannya tinggi jika dilanda gempa bumi berdasarkan nilai periode dominan adalah Kecamatan Badegan bagian utara, Kecamatan Jambon bagian utara, Kecamatan Slahung bagian utara, Kecamatan Sambit bagian selatan, Kecamatan Bungkal bagian selatan, dan sebagian besar Kecamatan Pulung, Kecamatan Pudak, Kecamatan Siman, dan Kecamatan Sokoo dengan nilai periode dominan sangat tinggi (>2,1 detik). Nilai amplifikasi berbanding terbalik dengan nilai frekuensi dan berbanding lurus terhadap nilai periode dominan.
Kata Kunci :Zona Rawan Gempabumi, HVSR (Horizontal to Vertikal Spectra Ratio), Amplifikasi, Periode Dominan,Kabupaten Ponorogo

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
bab 0.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
IMG_20160217_0007.jpg
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Darsono, M.Si
2. Budi Legowo, S.Si, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA