Penulis Utama : Widayanto
NIM / NIP : S501008068
×

Patogenesis PPOK melibatkan berbagai proses dalam perkembangan dan progresivitas penyakit meliputi stres oksidatif, inflamasi, dan ketidakseimbangan protease-antiprotease. Penyakit obstruktif kronik eksaserbasi merupakan kejadian akut ditandai perburukan gejala respiratorik dibandingkan gejala normal harian dan membutuhkan perubahan atau peningkatan terapi. Interleukin-8 meningkat pada PPOK eksaserbasi akut. Lama rawat pasien PPOK eksaserbasi akut tergantung dari lamanya perawatan sampai stabil.
Penelitian ini merupakan uji klinis quasi experimental, pre dan post design. Jumlah sampel penelitian adalah 32 penderita PPOK eksaserbasi akut yang dirawat inap di RSUD dr. Moewardi Surakarta pada bulan Agustus-November 2015 diambil secara consecutive sampling. Variabel bebas adalah furosemid inhalasi diberikan 40 mg/12 jam selama perawatan, sedangkan variabel tergantung adalah IL-8 plasma dan lama rawat pasien PPOK eksaserbasi akut. Analisis yang digunakan adalah uji beda dengan paired t test dan independent sample t test jika data berdistribusi normal, serta wilcoxon signed rank test, atau Mann-Whitney test jika data tidak berdistribusi normal dan tidak dapat ditransformasikan ke distribusi normal melalui transformasi logaritma.
Hasil penelitian didapatkan rerata umur 67,7 ? 11,1 tahun, dengan 26 (81%) laki-laki dan 6 (19%) perempuan. Pada kelompok kontrol, kadar awal IL-8 plasma dengan kadar akhir terdapat kenaikan bermakna (p< 0,05). Pada kelompok furosemid terdapat penurunan yang bermakna baik pada kadar IL-8 plasma. Selisih nilai kadar IL-8 penelitian antara kelompok furosemid dan kelompok kontrol berbeda signifikan. Lama rawat pasien PPOK eksaserbasi kelompok furosemid lebih singkat daripada kelompok kontrol, akan tetapi perbedaannya tidak signifikan secara statistik.
Simpulan, furosemid inhalasi menurunkan kadar IL-8 plasma dan memperpendek lama rawat inap pasien PPOK eksaserbasi akut. Terdapat korelasi positif antara selisih kadar IL-8 plasma dengan lama rawat inap.
Kata kunci: furosemid inhalasi, IL-8, lama rawat, PPOK eksaserbasi akut.

 

×
Penulis Utama : Widayanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S501008068
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh furosemid inhalasi terhadap kadar interleukin-8 plasma dan lama rawat pasien ppok eksaserbasi akut
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Biomedik
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Kedokteran Keluarga-S.501008068-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Suradi, dr., SpP(K), MARS
2. Ana Rima Setijadi, dr., Sp.P(K)
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.