Penulis Utama : Wahyu Ridlo Purwanto
NIM / NIP : S851408046
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) manakah yang mempunyai prestasi belajar yang lebih baik, model pembelajaran Think Pair Share (TPS), Group Investigatio (GI) atau Student Teams Achievement Divisions (STAD), (2) manakah yang mempunyai prestasi belajar yang lebih baik, siswa yang mempunyai gaya belajar visual, auditorial, atau kinestetik, (3) pada masing-masing gaya belajar, manakah yang mempunyai prestasi belajar yang lebih baik antara model pembelajaran TPS, GI atau STAD, (4) pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang mempunyai prestasi belajar yang lebih baik antara siswa yang mempunyai gaya belajar visual, auditorial, atau kinestetik.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP di Kota Surakarta tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan stratified cluster random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 274 siswa dengan rincian 90 siswa sebagai sampel kelas eksperimen I, 91 siswa sebagai sampel kelas eksperimen II dan 93 siswa sebagai sampel kelas eksperimen III. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar dan angket gaya belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama.
Dari hasil analisis disimpulkan sebagai berikut. (1) Model pembelajaran TPS menghasilkan prestasi belajar yang sama baiknya dengan model pembelajaran GI, model pembelajaran GI menghasilkan prestasi belajar yang sama baiknya dengan model pembelajaran STAD, model pembelajaran TPS menghasilkan prestasi belajar lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif STAD. (2) Siswa yang memiliki gaya belajar visual mempunyai prestasi belajar matematika lebih baik dibandingkan siswa yang memiliki gaya belajar auditorial. Siswa yang memiliki gaya belajar visual mempunyai prestasi belajar matematika sama baiknya dengan siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik. Siswa yang memiliki gaya belajar auditorial mempunyai prestasi belajar matematika sama baiknya dengan siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik. (3) Pada gaya belajar visual, siswa yang diberikan model pembelajaran TPS, model pembelajaran GI dan model pembelajaran STAD mempunyai prestasi belajar matematika yang sama baiknya. Pada gaya belajar auditorial, siswa yang diberikan model pembelajaran GI mempunyai prestasi belajar matematika yang sama baiknya dengan siswa yang diberikan model pembelajaran TPS maupun siswa yang menggunakan model pembelajaran STAD, serta siswa yang diberikan model pembelajaran TPS mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik dibandingkan siswa yang diberikan model pembelajaran STAD. Pada gaya belajar kinestetik, siswa yang diberikan model pembelajaran TPS, GI dan STAD mempunyai prestasi belajar matematika yang sama baiknya. (4) Pada model pembelajaran TPS, siswa dengan gaya belajar visual mempunyai prestasi belajar matematika sama baiknya dengan siswa gaya belajar auditorial dan kinestetik. Pada model pembelajaran GI, siswa dengan gaya belajar visual mempunyai prestasi belajar matematika sama baiknya dengan siswa gaya belajar auditorial dan kinestetik. Pada model pembelajaran STAD, siswa dengan gaya belajar visual mempunyai prestasi belajar
matematika lebih baik dibandingkan siswa dengan gaya belajar auditorial, siswa dengan gaya belajar visual mempunyai prestasi belajar matematika sama dengan siswa gaya belajar kinestetik, dan siswa dengan gaya belajar auditorial mempunyai prestasi belajar matematika sama dengan siswa gaya belajar kinestetik.
Kata Kunci : GI, TPS, STAD, Gaya Belajar.

 

×
Penulis Utama : Wahyu Ridlo Purwanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851408046
Tahun : 2016
Judul : Eksperimentasi model pembelajaran kooperatif group investigation, think pair share, dan student teams achievement divisions pada materi relasi dan fungsi ditinjau dari gaya belajar siswa smp kelas viii kota surakarta tahun ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Matematika-S.851408046-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Budiyono, M.Sc
2. Isnandar Slamet, M.Sc, Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.