Penulis Utama : Pebria Surya Hayu Pertiwi
NIM / NIP : K5611060
×

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar roll depan dalam senam lantai melalui pembelajaran  tutor sebaya pada siswa kelas XII MIA 4 SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII MIA 4 SMA Negeri 7 Surakarta yang berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 12 siswa putra dan 19 siswa putri. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru, kolaborator, dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan penilaian hasil belajar senam lantai roll depan. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar roll depan dalam senam lantai siswa dari prasiklus ke siklus I. Proses pembelajaran pada prasiklus belum menerapkan pembelajaran tutor sebaya untuk membantu siswa dalam  mempelajari gerakan roll depan dalam  senam lantai sehingga keterampilan roll depan siswa masih rendah dan hasil belajar roll depan dalam senam  lantai siswa kurang maksimal. Dari hasil analisis diperoleh peningkatan yang signifikan dari prasiklus ke siklus I serta siklus II. Pada prasiklus, siswa yang tuntas mencapai 41,93 %, pada siklus I, siswa yang tuntas mencapai 64,51 % dan siklus II menjadi 90.32 %.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar roll depan dalam senam lantai siswa kelas XII MIA 4 SMA  Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016.
Kata kunci: Hasil belajar, senam lantai roll depan, pembelajaran tutor sebaya

×
Penulis Utama : Pebria Surya Hayu Pertiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5611060
Tahun : 2015
Judul : Meningkatkan Hasil Belajar Roll Depan dalam Senam Lantai Melalui Pembelajaran Tutor Sebaya pada Siswa Kelas XII MIA 4 SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2015 / 2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Olahraga dan Kesehatan-K5611060-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Slamet Riyadi S.Pd, M.Or.
2. dr. Intan Suraya Ellyas, M.Or.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.