Penulis Utama : Galuh Tia Fasya
NIM / NIP : K8410026
×

Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan penggunaan media pembelajaran Macromedia Flash dan Power Point terhadap hasil belajar sosiologi siswa (2) Pengaruh penggunaan media pembelajaran Macromedia Flash dan Power Point terhadap hasil belajar sosiologi siswa (3) Seberapa besar pengaruh penggunaan media pembelajaran Macromedia Flash dan Power Point terhadap hasil belajar sosiologi siswa. Adapun penelitian dilakukan pada kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Surakarta.
Penelitian ini termasuk penelitian kausal komparatif dengan bentuk penelitian semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Sampel penelitian sebanyak 2 kelas diambil dengan teknik multistage cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi 1 jalur.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada perbedaan antara penggunaan media Macromedia Flash dan media Power Point terhadap hasil belajar sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Surakarta. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan rata-rata kelas Macromedia Flash sebesar 89.000 dan rata-rata kelas Power Point sebesar 80.484, dan dari hasil Uji – t yang memperoleh t sebesar -4.634 dengan tingkat signifikansi ? yaitu 0.000 (sangat signifikan). (2) Ada pengaruh antara penggunaan media pembelajaran dengan rata-rata hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 3 Surakarta. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan harga F sebesar 21.476 dengan tingkat signifikansi 0.000 (sangat signifikan). (3) Besar pengaruh penggunaan media Macromedia Flash dan media Power Point terhadap hasil belajar sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Surakarta sebesar 27%.
Kesimpulan penelitian adalah ada perbedaan penggunaan media Macromedia Flash dan media Power Point terhadap hasil belajar sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Surakarta. Nilai rata-rata kelas Macromedia Flash lebih tinggi daripada nilai rata-rata kelas Power Point. Media belajar memberikan pengaruh terhadap hasil belajar sosiologi siswa yaitu sebesar 27% sedangkan 73% dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata Kunci : Hasil belajar sosiologi, media Macromedia Flash, media Power Point

 

×
Penulis Utama : Galuh Tia Fasya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8410026
Tahun : 2016
Judul : Studi komparasi antara penggunaan media pembelajaran macromedia flash dan power point serta pengaruhnya terhadap hasil belajar sosiologi siswa kelas xi ips sma negeri 3 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Sosiologi Antropologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Sosiologi Antropologi-K.8410026-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Noor Muhsin Iskandar, M. Pd
2. Drs. H. M. Haryono, M. Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.