Penulis Utama : Muninggar Mulyaningsih
NIM / NIP : K7411101
×

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar ekonomi dengan metode Numbered Heads Together (NHT ) dan media kartu siswa kelas XI IS 2 SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2014/2015.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan interpretasi, dan analisis dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IS 2 SMA Negeri 1 Karanganyar yang berjumlah 35 siswa. Sumber data berasal dari guru, siswa dan dokumen. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Uji validitas data dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif, analisis deskriptif kuantitatif dan dan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan media kartu dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar ekonomi. Peningkatan keaktifan siswa dapat dilihat dari masing-masing aspek keaktifan yang meliputi aspek keaktifan Visual activities meningkat sebesar 29,43%, Listening activities meningkat sebesar 35,23%, Oral activities meningkat sebesar 24,28%, Mental activities meningkat sebesar 33,33%, Emotional activities meningkat sebesar 29,53% dan Motor activities meningkat sebesar 34,23%. Adanya peningkatan pencapaian hasil belajar siswa dari 25 siswa atau 71,42% pada siklus I menjadi 33 siswa atau 94,28% pada siklus II.
Kata kunci : NHT, kartu, keaktifan, prestasi belajar.

 

×
Penulis Utama : Muninggar Mulyaningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7411101
Tahun : 2016
Judul : Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (nht) dengan media kartu untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas xi is 2 sma negeri i Karanganyar tahun 2014/2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Akuntansi-K.7411101-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Siswandari, M.Stats
2. Dra. Sri Witurachmi, MM
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.