Penulis Utama : Dita Agnes Dekasari
NIM / NIP : K8412022
×

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan hasil belajar sosiologi peserta didik kelas X IIS 3 SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016 melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL).
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap diklus terdiri dari perencanaan, pelaksanakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X IIS 3 SMA Negeri 6 Surakarta dengan jumlah 31 peserta didik. Teknik utama pengumpulan data penelitian ini adalah observasi dan test, sementara teknik pengumpulan data pendukung menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sosiologi. Pada pratindakan menunjukkan rata-rata kelas 69,61, meningkat menjadi 71,77 pada siklus I, dan meningkat menjadi 76,93 pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sosiologi kelas X IIS 3 SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016.
Kata kunci : Problem Based Learning, Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar.

×
Penulis Utama : Dita Agnes Dekasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8412022
Tahun : 2016
Judul : Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X IIS 3 SMS Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Sosiologi Antropologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Sosiologi Antropologi-K8412022-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Siti Rochani Ch, M.Pd
2. Siany Indria L, S. Ant, M. Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.