Penulis Utama : Aditya Surya Pratama
NIM / NIP : K8410004
×

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Soiologi kelas X-3 SMA Negeri 1 Mojolaban Tahun Ajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdari dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi atas tindakan yangtelah dilakukan. Subjek penelitian adalah peserta didik kleas X-3 SMA Negeri 1 Mojolaban yang berjumlah 36 peserta didik. Sumber data berasal dari guru dan peserta didik. Teknik utama dalam pengumpulan data menggunakan observasi dan tes, sementara teknik pendukung menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Sosiologi di kelas X-3 SMA Negeri 1 Mojolaban. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan nilai hasil belajar pada pra tindakan dengan nilai rata-rata 74.17 meningkat menjadi 77.94 pada siklus I dan 86.64 pada siklus II.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X-3 SMA Negeri 1 Mojolaban Tahun Ajaran 2015/2016.
Kata kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Problem Based Learning, Hasil Belajar Peserta Didik.

×
Penulis Utama : Aditya Surya Pratama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8410004
Tahun : 2016
Judul : Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran sosiologi kelas x-3 SMA Negeri 1 Mojolaban tahun ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keguruan dan Ilmu Pendidikan - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Sosiologi Antropologi
Kolasi :
Sumber : UNS- Fak. KIP- Prodi Pendidikan Sosiologi Antropologi- K8410004- 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. AY. Djoko Darmono, M.Pd
2. Drs. Slamet Subagya, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.