Penulis Utama : Vensa Lukita Umayah
NIM / NIP : K4612145
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar passing bolavoli melalui penggunaan media audio visual pada siswa kelas X TKB 1 SMK Negeri 2 Sragen Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X TKB 1 SMK Negeri 2 Sragen yang berjumlah 35 siswa yang terdiri dari 25 siswa putra dan 10 siswa putri. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan penilaian hasil belajar passing bolavoli. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar passing bolavoli siswa dari prasiklus ke siklus I dan siklus I ke siklus II. Proses pembelajaran pada prasiklus belum menggunakan media Audio Visual untuk membantu siswa dalam mempelajari gerakan passing bolavoli sehingga keterampilan passing bolavoli siswa masih rendah dan hasil belajar passing bolavoli siswa kurang maksimal. Dari hasil analisis diperoleh peningkatan yang signifikan dari prasiklus ke siklus I dan siklus I ke siklus II. Pada prasiklus, siswa yang tuntas mencapai 28,57%, Pada siklus I, siswa yang tuntas mencapai 60,00 %, sedangkan pada siklus II mencapai 85,71%.
Simpulan penelitian ini adalah penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar passing bolavoli siswa kelas X TKB 1 SMK Negeri 2 Sragen Tahun Ajaran 2015/2016.
Kata kunci: Hasil belajar, passing bolavoli, media audio visual

 

×
Penulis Utama : Vensa Lukita Umayah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4612145
Tahun : 2016
Judul : Upaya meningkatkan hasil belajar passing bolavoli melalui penggunaan media audio visual pada siswa kelas x tkb 1 smk negeri 2 Sragen tahun ajaran 2015 / 2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi-K.4612145-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Agus Mukholid, M.Pd
2. Deddy Whinata K, S.Or, M. Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.