Penulis Utama : Hardita Rahmayati
NIM / NIP : R1115044
×

ABSTRAK

Latar Belakang: Alat kontrasepsi suntik terdiri atas suntik satu bulan dan tiga bulan. Salah satu efek samping kontrasepsi suntik adalah terjadinya perubahan pola menstruasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara perubahan pola menstruasi akseptor suntik satu bulan dan tiga bulan di BPM SI.
Metode: Penelitian ini menggunakan desain observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel adalah 48 responden yang telah diseleksi menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kartu KB responden dan lembar wawancara terstruktur. Teknik analisis data menggunakan uji statistik chi-square.
Hasil: Sebagian besar akseptor kontrasepsi suntik satu bulan tidak mengalami perubahan pola menstruasi (92%) dan semua responden kontrasepsi suntik tiga bulan mengalami perubahan pola menstruasi (100%). Hasil uji statistik didapatkan nilai p = 0,00 (p<0,05).
Simpulan: Terdapat perbedaan antara perubahan pola menstruasi akseptor kontrasepsi suntik satu bulan dan suntik tiga bulan di BPM SI, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang Tahun 2016.


Kata Kunci : perubahan pola menstruasi, kontrasepsi suntik

×
Penulis Utama : Hardita Rahmayati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R1115044
Tahun : 2016
Judul : Perbedaan Antara Perubahan Pola Menstruasi Akseptor Kontrasepsi Suntik Satu Bulan Dan Suntik Tiga Bulan Di Bpm Si Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang Tahun 2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2016
Program Studi : D-4 Kebidanan Transfer
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Kedokteran Prog. DIV Bidan Pendidik - R1115044 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Hardiningsih, S.ST, M.Kes
2. Agus Eka Nurma Yuneta, S.ST, M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.