Penulis Utama : Ernawati
NIM / NIP : K7412067
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan bahan ajar berbasis Adobe Flash pada pembelajaran Akuntansi Perusahaan Dagang dalam meningkatkan prestasi belajar siswa XI Akuntansi SMK Negeri 1 Surakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian pengembangan bahan ajar berbasis Adobe Flash ini menggunakan prosedur Borg dan Gall yang dimodifikasi menjadi delapan langkah yaitu: 1) penelitian dan pengumpulan informasi awal, 2) perencanaan, 3) pengembangan format produk awal, 4) validasi desain, 5) uji coba awal, 6) revisi produk, 7) uji coba lapangan, dan 8) revisi produk akhir. Bahan ajar divalidasi oleh tiga ahli, selanjutnya diujicobakan kepada 30 siswa kelas XI Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Surakarta sebagai kelas eksperimen dengan melibatkan 32 siswa kelas XI Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Surakarta sebagai kelas kontrol. Analisis data yang digunakan selama pengembangan adalah analisis kualitatif dengan model Miles dan Huberman, analisis kelayakan bahan ajar berdasarkan skor kriteria, dan analisis prestasi belajar melalui t-test.
Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, bahan ajar berbasis Adobe Flash termasuk dalam kategori sangat baik ditinjau dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, sajian, dan kegrafikaan. Kedua, bahan ajar berbasis Adobe Flash pada pembelajaran Akuntansi Perusahaan Dagang efektif meningkatkan prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Surakarta. Analisis independent sample t-test menunjukkan perolehan signifikansi 0,000 atau kurang dari 0,05 memiliki makna terdapat perbedaan nilai rata-rata antara kelas eksperimen dan kontrol secara signifikan. Peningkatan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Nilai rata-rata kelas eksperimen meningkat 31,6 point dari 59,07 menjadi 90,67, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol hanya meningkat 13,66 point dari 60,28 menjadi 73,94.
Kata Kunci : bahan ajar, Adobe Flash, bahan ajar berbasis Adobe Flash, prestasi belajar

 

×
Penulis Utama : Ernawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7412067
Tahun : 2016
Judul : Pengembangan bahan ajar berbasis adobe flash pada pembelajaran akuntansi perusahaan dagang untuk meningkatkan prestasi belajar siswa smk negeri 1 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Akuntansi-K.7412067-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Siswandari, M. Stat
2. Sohidin, SE., M.Si., Akt
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.