Penulis Utama : Naelatul Mu’awanah
NIM / NIP : K7112530
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menerapkan langkah-langkah model kooperatif tipe CIRC dalam peningkatan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas V SD Negeri 1 Jlegiwinangun tahun ajaran 2015/2016, (2) untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi dalam penerapan model kooperatif tipe CIRC pada siswa kelas V SD Negeri 1 Jlegiwinangun tahun ajaran 2015/2016, (3) untuk menemukan kendala dan solusi penerapan model kooperatif tipe CIRC pada siswa kelas V SD Negeri 1 Jlegiwinangun tahun ajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 24 siswa. Data berasal dari siswa, guru, dan dokumen. Teknik pengumpulan data adalah nontes dan tes. Data nontes berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan data tes berupa tes tertulis menulis puisi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan melalui analisis statistik deskriptif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model kooperatif tipe CIRC dilaksanakan dengan langkah-langkah: (a) fase orientasi, yaitu untuk mengetahui kemampuan awal siswa, (b) membentuk kelompok secara heterogen yang beranggotakan 4-5 orang, (c) guru memberikan bahan ajar, (d) guru menjelaskan konsep-konsep, (e) siswa mengkomunikasikan hasil pekerjaan dengan teman-temannya, (f) fase publikasi, yaitu siswa mempresentasikan hasil kelompok, (g) refleksi dan penguatan, (h) penutup; (2) penerapan model kooperatif tipe CIRC terbukti dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas V SD Negeri 1 Jlegiwinangun tahun ajaran 2015/2016. Pada siklus I persentase ketuntasan adalah 65,9%, meningkat pada siklus II yaitu 86,5% dan meningkat lagi pada siklus III yaitu 91,7%; dan (3) kendala utama dalam penelitian ini adalah siswa belum maksimal mengemukakan pendapat. Solusi yang dilakukan yaitu guru memotivasi siswa untuk lebih percaya diri dalam mengemukakan pendapat.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan model kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi di kelas V SD Negeri 1 Jlegiwinangun Tahun Ajaran 2015/2016.


Kata kunci : CIRC, keterampilan menulis, puisi

×
Penulis Utama : Naelatul Mu’awanah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7112530
Tahun : 2016
Judul : Penggunaan Model Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa kelas V Sd Negeri 1 Jlegiwinangun Tahun Ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7112530 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ngatman, M.Pd
2. Dr. Rokhmaniyah, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.