Penulis Utama : Senja Septiani Rosiana
NIM / NIP : K7411147
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar siswa pada siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Kristen 1 Surakarta melalui metode active learning tipe team quiz .
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus penelitian, setiap siklus penelitian meliputi empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Kristen 1 Surakarta yang berjumlah 29 siswa. Sumber data berasal dari guru, siswa dan dokumen. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. uji validitas data menggunakan teknik triangulasi data dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dan analisis kritis. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan metode active learning tipe team quiz dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar sebesar 68,87 % dengan rincian pada pratindakan 24,13 % meningkat menjadi 55,17 % pada siklus I dan meningkat menjadi 93,10 % pada siklus II. Nilai rata-rata kelas juga mengalami peningkatan sebesar 21,58 dengan rincian pada pratindakan 71 meningkat menjadi 74 pada siklus I dan meningkat menjadi 83 pada siklus II. Simpulan penelitian ini adalah penerapan metode active learning tipe team quiz dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kesekretarisan kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Kristen 1 Surakarta.
Kata Kunci : Metode active learning tipe team quiz, Hasil Belajar

×
Penulis Utama : Senja Septiani Rosiana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7411147
Tahun : 2016
Judul : Penerapan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Team Quiz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kesekretarisan Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Kristen 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2015 / 2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Administrasi Perkantoran-K.7411147-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Wiedy Murtini, M.Pd.
2. Dra. Patni Ninghardjanti,M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.