Penulis Utama : Dani Aditya Mahatma Sutardi
NIM / NIP : D1213024
×

Penggunaan media online muncul karena adanya motivasi dari individu untuk melakukan aktivitas penggunaan media online untuk mencapai tujuan yang dikehendaki atau mendapatkan kepuasan sehingga kebutuhannya terpenuhi.

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara aktivitas menggunakan media online Traveloka.com dengan pemenuhan kebutuhan informasi travelling di kalangan mahasiswa FISIP UNS program studi Ilmu Komunikasi Non-Reg angkatan 2013 - 2015. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yang dapat menjelaskan hubungan ketiga variabel tersebut adalah Teori Uses and Gratifications dari Katz, Blumler & Gurevith.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode explanatory research.  Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode angket dengan menggunakan sampel 100% dari populasi yaitu sebesar 35 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan teknik Survey. Berdasarkan temuan penelitian diketahui tingkat aktivitas penggunaan media online responden (62,8%) masuk kategori sedang. Sedangkan tingkat kepuasan pemenuhan kebutuhan di kalangan responden tergolong sedang (43%).

Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi Rank Spearman. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan, Terdapat hubungan yang berarti antara aktivitas menggunakan media online Traveloka.com dengan pemenuhan kebutuhan informasi travelling di kalangan mahasiswa FISIP UNS program studi Ilmu Komunikasi Non-Reg angkatan 2013 – 2015 dengan nilai signifikansi sebesar 0,031 kurang dari<!--[if gte msEquation 12]> ?= 0,05

Kata kunci :  Media Online, Aktivitas Penggunaan Media Online, Pemenuhan Kebutuhan Informasi, Teori Uses and Gratifications.

×
Penulis Utama : Dani Aditya Mahatma Sutardi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1213024
Tahun : 2016
Judul : Media Online dan Pemenuhan Kebutuhan Informasi (Studi Korelasi Antara Aktivitas Menggunakan Media Online Traveloka.com dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Travelling Di Kalangan Mahasiswa FISIP UNS Program Studi Ilmu Komunikasi Non-Reg Angkatan 2013 - 2015)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2016
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D.1213024-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Alexius Ibnu Muridjal, M.Si.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.