Penulis Utama : Annisha Fathullah Jay
NIM / NIP : D1214011
×

Gaya komunikasi merupakan cara seseorang berinteraksi dengan menggunakan komunikasi verbal dan non verbal. Gaya komunikasi yang ingin penulis teliti, yaitu adakah gaya komunikasi mempengaruhi kepuasan pengguna selama mengikuti tour mengelilingi Kota, sehingga dapat diketahui seberapa tinggi kepuasan pengguna selama mengikuti tour mengelilingi Kota Solo.

Dalam penelitian ini, penulis menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif untuk mengetahui hubungan antara gaya komunikasi tour guide dengan  kepuasan pengguna bus pariwisata Werkudara di Kota Surakarta tahun 2016. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu variabel independen (Gaya komunikasi tour guide) dan variabel dependen (kepuasan pengguna Bus Werkudara). Teori yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu teori S-O-R yaitu Stimulus, Organism, Respon. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna Bus Werkudara pada bulan Juli 2016. Dengan menggunakan teknik accidental Sampling, ditemukan sampel untuk dijadikan responden sebanyak 125 orang. Teknik pengumpulan data adalah melakukan wawancara dengan menggunakan media kuesioner.

Berdasarkan hasil pengolahan data dengan SPSS 21 terhadap variabel Independen dengan variabel dependen menggunakan crosstabulation atau tabulasi silang, didapatkan hasil rerata gaya komunikasi tour guide dan kepuasan pengguna Bus Werkudara sebanyak 56,1% menyatakan gaya komunikasi tour guide kurang baik dan kurang memuaskan, jika gaya komunikasi tour guide dinilai baik maka kepuasan pengguna cukup besar, yaitu sebanyak 85,53% mayoritas pengguna Bus Werkudara menyatakan sangat baik dan sangat memuaskan sebanyak 99,54%. Terlihat hubungan yang signifikan antara gaya komunikasi tour guide dengan kepuasan pengguna Bus Werkudara, yaitu semakin baik gaya komunikasi tour guide, maka semakin tinggi kepuasan pengguna Bus Werkudara.          

Kata Kunci: Gaya komunikasi, kepuasan, dan tour guide.

×
Penulis Utama : Annisha Fathullah Jay
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1214011
Tahun : 2016
Judul : Gaya Komunikasi Tour Guide dan Kepuasan Pengguna Bus Werkudara di Kota Surakarta Tahun 2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2016
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP Jur. Ilmu Komunikasi -D.1214011-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hamid Arifin, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.