Penulis Utama : Mukhlas Nazarudin
NIM / NIP : K7412121
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada tidaknya pengaruh yang signifikan dukungan orang tua terhadap minat siswa untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, (2) ada tidaknya pengaruh yang signifikan lingkungan teman sebaya terhadap minat siswa untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, (3) ada tidaknya pengaruh yang signifikan dukungan orang tua dan lingkungan teman sebaya secara bersama-sama terhadap minat siswa untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi pada siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Sukoharjo tahun ajaran 2015/2016. 
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Sukoharjo yang berjumlah 356 siswa kemudian sampel penelitian ini sebanyak 79 siswa yang dipilih dengan teknik proportional random sampling. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriftif. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik angket untuk mengetahui tingkat pengaruh dukungan orang tua dan lingkungan teman sebaya terhadap minat siswa melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Dalam analisis data digunakan teknik regresi berganda. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: hasil perhitungan yang digunakan adalah uji F diperoleh nilai probabilitas dalam kolom Sig adalah 0,000b, nilai ini lebih kecil dari 0,05, maka Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel dukungan orang tua dan lingkungan teman sebaya terhadap minat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi secara simultan. 
Hasil perhitungan menggunakan uji t diperoleh nilai probabilitas dari kedua variabel lebih kecil dari 0,05 dan nilai t hitung lebih besar dari t tabel maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel dukungan orang tua terhadap minat siswa melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi dan terdapat pengaruh variable lingkungan teman sebaya terhadap minat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Berdasarkan persamaan regresi diperoleh ^=7,242 + 0,377X1 + 0,555X2. 
Kata Kunci: Dukungan Orang Tua, Lingkungan Teman Sebaya, Minat untuk Melanjutkan Pendidikan di Perguruan Tinggi

×
Penulis Utama : Mukhlas Nazarudin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7412121
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh dukungan orang tua dan lingkungan teman sebaya terhadap minat untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi pada siswa kelas xi di smk negeri 1 Sukoharjo tahun ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Administrasi Perkantoran-K.7412121-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Djoko Santoso, T.H. M.Pd
2. Dra. Patni Ningharjanti, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.