Penulis Utama : Khoirul Janah
NIM / NIP : K7614026
×

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh antara potensi diri dan lingkungan sosial terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa SMA Negeri 1 Karanggede Boyolali  Tahun Ajaran 2017/2018,
2)   untuk   mengetahui   pengaruh   potensi   diri   terhadap   minat   melanjutklan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa SMA Negeri 1 Karanggede Boyolali Tahun Ajaran 2017/2018, 3) untuk mengetahui pengaruh antara lingkungan sosial terhadap terhadap minat melanjutklan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa SMA Negeri 1 Karanggede Boyolali    Tahun Ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan  sampel  adalah  Proportional  Random  Sampling.  Jumlah  sampel adalah 240 responden. Teknik pengumpulan data adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi berganda diperolehY=
15,662 + 0,467 X1  + 0,380 X2, Koefisien regresi bernilai positif dan signifikan artinya potensi diri berpengaruh secara positif terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, selain itu ditunjukan hasil bahwa lingkungan sosial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Hal ini berarti semakin kuat potensi diri siswa mengakibatkan minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yang semakin kuat, dan semakin tinggi dukungan dari lingkungan sosial  maka mengakibatkan minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yang semakin kuat.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) potensi diri dan lingkungan sosial secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yang ditunjukkan dengan nilai probabilitas <0>55,1% minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa dipengaruhi oleh potensi diri dan lingkungan sosial sedangkan sisanya sebesar 44,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian.

 

×
Penulis Utama : Khoirul Janah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7614026
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Potensi Diri Dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa SMA Negeri 1 Karanggede Boyolali Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi PTN
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Pendidikan Ekonomi-K7614026-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Mintasih Indriayu, M.Pd
2. Sudarno, S.Pd, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.