Penulis Utama : Gadang Mulyatama Sarasjati
NIM / NIP : D1214034
×

Pemikiran feminisme liberal muncul sebagai kritik terhadap teori politik liberal yang mana dalam teori tersebut menjunjung tinggi nilai otonomi, persamaan dan nilai moral serta kebebasan individu, namun masih dianggap mendiskriminasikan kaum perempuan. Kerangka kerja feminisme liberal dalam memperjuangkan persoalan masyarakat tertuju pada kesempatan yang sama dan hak yang sama bagi setiap individu khususnya kaum perempuan yang mana hal ini direpresentasikan dalam sebuah film berjudul Merry Riana: Mimpi Sejuta Dollar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam mengenai feminisme liberal yang mana direpresentasikan melalui sebuah film berjudul Merry Riana: Mimpi Sejuta Dollar sehingga diharapkan masyarakat dapat mendapatkan gambaran yang jelas mengenai definisi feminisme liberal sebagai sebuah gerakan untuk memperjuangkan persamaan hak dan kedudukan kaum perempuan.

Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis semiotika, dengan teknik pengumpulan data melalui scene-scene film Merry Riana: Mimpi Sejuta Dollar yang di dalamnya terdapat unsur-unsur yang merepresentasikan mengenai feminisme liberal. Teknik analisis data ini menggunakan teknik semiotika Roland Barthes yang mana peneliti melihat representasi feminisme melalui tiga hal yaitu makna denotasi, makna konotasi dan mitos yang ada pada tiap scene dan dialog pada film tersebut. Hasil penelitian ini adalah Film Merry Riana merupakan film yang mengandung nilai-nilai feminisme liberal dan direpresentasikan melalui makna-makna yang terdapat dalam beberapa scene pada film tersebut.

Kata kunci : Semiotika, Representasi, Feminisme Liberal, Film

×
Penulis Utama : Gadang Mulyatama Sarasjati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1214034
Tahun : 2016
Judul : Representasi Nilai-Nilai Feminisme Liberal Dalam Film (Analisis Semiotik Film Merry Riana:Mimpi Sejuta Dollar)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2016
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D.1214034-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Irdastin Ruthnia Yudiningrum, S.Sos, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.