Penulis Utama : Supriyanto
NIM / NIP : K7412170
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar
Melaksanakan Konfirmasi Keputusan Pelanggan siswa kelas XI Pemasaran 2
SMK Negeri 1 Sukoharjo tahun ajaran 2015/2016 melalui model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT).
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI Pemasaran 2 SMK N 1 Sukoharjo yang berjumlah 34 siswa. Sumber data berasal dari guru, siswa dan dokumen. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Validitas data dengan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data dengan analisis data kuantitatif, kualitatif dan deskriptif komparatif.
Hasil analisis terjadi peningkatan yang signifikan dari hasil pembelajaran prasiklus ke siklus I menuju siklus II. Hal ini dapat dilihat pada hasil belajar akhir siswa persentase ketuntasan 64,70% atau 22 siswa. Pada siklus I saat diterapkan pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan Numbered Head Together persentase hasil belajar akhir siswa meningkat menjadi 79,41% atau 27 siswa. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar akhir siswa menjadi 85,29% atau 29 siswa.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar Melaksanakan Konfirmasi Keputusan Pelanggan pada siswa kelas XI Pemasaran 2 SMK Negeri 1 Sukoharjo.
Kata kunci: Contextual Teaching and Learning, Numbered Head Together, hasil belajar

×
Penulis Utama : Supriyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7412170
Tahun : 2016
Judul : Penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) Dengan Model Pembelajaran Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pemasaran 2 di SMK N 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Ekonomi-K.7412170-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sunarto, M.M
2. Sudarno, S.Pd., M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.