Penulis Utama : Bayu Tria Firwansyah Putra
NIM / NIP : D1212016
×

Foto merupakan suatu medium sajian untuk menyampaikanberagam bukti visual atas suatu peristiwa pada masyarakat seluas-luasnya, bahkan hingga detailnya.Selain itu keindahan sebuah karya foto kadang sering pula dihubungkan dengan sosok kaum hawa. Ada anggapan bahwa foto yang menarik adalah foto yang menampilkan kecantikan seorang wanita.Wanita/kaum hawa disini sebagai alat atau komiditi yang bisa dinikmati para pengunjung akun Instagram@share.jilboobs, berbagai macam bentuk lekuk tubuh indah wanita dipertontonkan melalui sebuah foto.

Penelitian ini hendak memaparkan, menemukan, dan membongkar konstruksi pemaknaan jilbab melalui denotasi, konotasi, dan mitos yang membangun dari kumpulan foto dalam social media khususnya di Instagram. Pendeskripsian makna ini mengenai kumpulan foto yang terdapat di akun instagram yang telah di upload/publish ke dalam kategori “Jilboobs”.

Kumpulan foto Jilboobs menyajikan beberapa tanda yang dapat dilihat, seperti: Model Jilbab, Gaya Busana Hijab, serta Aksesoris yang dikenakan. Tanda-tanda yang muncul dalam kumpulan foto Jilboobs ini, digunakan untuk menangkap makna yang terdapat dalam foto.

Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif pendekatan analisis semiotika mitologi Roland Barthes untuk melihat dan menganalisis tanda-tanda yang terlihat secara visual yang terdapat dalam kumpulan foto Jilboobssehingga makna denotasi, konotasi dan mitos dalam karya visual yang berbentuk foto tersebut, dapat diuraikan oleh penulis.

Dari hasil analisa yang telah dilakukan, penulis mampu menemukan dan membongkar makna dibalik kumpulan foto di akun @share.jilboobs, bahwa Melalui fashion wanita mampu mempresentasikan kecantikannya sebagai upaya pembentuk identitas sosial, seksual, dan kelas karena adanya pengaruh modernisasi dalam proses sosial.Ada pergeseran nilai dari hijab itu sendiri. kerudung dulu dan sekarang sudah berbeda makna. Kalau dulu memakai kerudung merupakan simbol ketaatan wanita pada ajaran agama mereka, sedangkan memakai hijab sekarang sudah menjadi suatu gaya hidup tersendiri.

Kata kunci: Analisis Semiologi, Jilboobs, Fashion

×
Penulis Utama : Bayu Tria Firwansyah Putra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1212016
Tahun : 2016
Judul : Fenomena Jilboobs di Media Sosial (Analisis Semiologi Tentang Makna Visual Pada Fenomena Busana Hijab “Jilboobs’di Media Sosial Instagram)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2016
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D.1212016-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Herwindya Baskara Wijaya, S.Sos, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.