Penulis Utama : Nur Alam Windu Kuncoro
NIM / NIP : S811202025
×

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat : (1) Pengaruh media pembelajaran dengan menggunakan CD interaktif terhadap prestasi belajar mata pelajaran produktif. (2) Pengaruh motivasi belajar siswa  terhadap prestasi belajar mata pelajaran produktif .(3) Pengaruh interaksi media pembelajaran dengan menggunakan CD interaktif dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran produktif.

Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 3 Kabupaten Pacitan sebagai kelompok Eksperimen dan SMK Negeri Ngadirojo sebagai kelompok kontrol  pada siswa kelas X  tahun pelajaran 2015- 2016. Sampel penelitian diperoleh dengan teknik cluster random sampling. Jenis Penelitian ini adalah eksperimen sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah desain faktorial 2 x 2 dengan teknik analisis variansi (ANAVA) 2 jalan. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan metode dokumentasi, tes dan angket. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket motivasi belajar siswa dan tes prestasi belajar mata pelajaran produktif . Kedua instrumen tersebut diuji validitas dan reliabilitasnya untuk mengetahui ketepatan dan kesahihan instrumen yang akan digunakan dalam penelitian. Untuk  menguji validitas angket motivasi belajar digunakan rumus Pearson ( korelasi product moment ) dan uji reliabilitasnya menggunakan rumusAlpha, r11 = 0,9696. Validitas item tes prestasi belajar mata pelajaran produktif diuji dengan mengunakan rumus Pearson      ( korelasi product moment ) dan Reliabilitas tes diuji menggunakan rumus Kuder dan Richardson ( KR-20) r11 = 0,972. Selanjutnya data yang diperoleh diuji dengan menggunakan Uji prasyarat yaitu : Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji Keseimbangan . Analisis data dengan menggunakan analisis variansi dua jalan pada sel tak sama .

Berdasarkan hasil analisis dengan taraf signifikansi ( α = 0,05 ) dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) Terdapat pengaruh media pembelajaran dengan menggunakan CD interaktif terhadap prestasi belajar mata pelajaran produktif Fobs > Ftabel atau (7,195 > 3,84 ) (2) terdapat pengaruh motivasi belajar siswa  terhadap prestasi belajar mata pelajaran produktif Fobs > Ftabel atau (25,627 > 3,84 ) (3) terdapat pengaruh interaksi media pembelajaran dengan menggunakan CD interaktif dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran produktif. Fobs > Ftabel atau (9,088 > 3,84 ).

Kata kunci : Media Pembelajaran, CD interaktif, Prestasi, Motivasi belajar.

×
Penulis Utama : Nur Alam Windu Kuncoro
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S811202025
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh Media Pembelajaran Compact Disc ( CD ) INTERAKTIF Dengan Power Point Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Produktif Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa ( Studi eksperimen Pada Siswa Kelas X Kompetesi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Sekolah Menengah Kejuruaan Negeri Kabupaten Pacitan)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Teknologi Pendidikan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pascasarjana Progdi. Teknologi Pendidikan -S.811202025-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Sri Anitah W., M.Pd
2. Dr. Suharno, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.