Penulis Utama : Ammrulloh Zainul Fuad
NIM / NIP : K5611008
×

Tujuan penelitian ini adalah upaya meningkatkan hasil belajar passing bawah sepakbola melalui pendekatan bermain pada siswa kelas XI AP 2 SMK Negeri 1 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI AP 2 SMK Negeri 1 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016 berjumlah 31 siswi. Sumber data berasal dari guru dan siswa, data hasil belajar passing bawah sepakbola diperoleh melalui tes unjuk kerja, lembar observasi digunakan untuk mengumpulkan data kegiatan siswa didalam mengikuti proses pembelajaran passing bawah sepakbola melalui pendekatan bermain. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis diskriptif dengan prosentase.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah sepakbola. Hasil belajar tersebut meliputi aspek pisikomotorik, kognitif, dan afektif dari 31 siswi hanya 7 [siswa yang mencapai KKM atau 22,58% pada kondisi awal, mengalami peningkatan menjadi 64,52% atau 20 siswi yang mencapat batas tuntas pada akhir siklus I. Selanjutnya meningkat menjadi 83,87% atau 26 siswa yang mencapai batas tuntas pada akhir siklus II. Dengan demikian, penelitian tindakan kelas pada siswa kelas XI AP 2 SMK Negeri 1 Surakarta dalam meningkatkan hasil belajar passing bawah sepakbola melalui pendekatan bermain ini telah berhasil meningkatkan hasil belajar passing bawah sepakbola pada siswa.
Simpulan penelitian ini adalah melelui pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah sepakbola pada siswa kelas XI AP 2 SMK Negeri 1 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016.
Kata Kunci : passing bawah sepakbola, pendekatan bermain, hasil belajar

×
Penulis Utama : Ammrulloh Zainul Fuad
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5611008
Tahun : 2016
Judul : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Sepakbola Melalui Pendekatan Bermain pada Siswa Kelas XI AP 2 SMK Negeri 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Kepelatihan Olahraga-K.5611008-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. H. Muh Maryanto, M.Kes.
2. Drs. Sarjoko Lelono, M.Kes.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.