Penulis Utama : Arif Srirahmad Isnain
NIM / NIP : K5412015
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) perbedaan hasil belajar Geografi peserta didik setelah menggunakan metode pembelajaran Two Stay Two Stray, Think Pair Share dan Diskusi. 2) perbedaan hasil belajar Geografi peserta didik seletah menggunakan metode pembelajaran Two Stay Two Stray dan Diskusi. 3) perbedaan hasil belajar Geografi peserta didik setelah menggunakan metode pembelajaran Think Pair Share dengan Diskusi. 4) perbedaan hasil belajar Geografi peserta didik setelah menggunakan metode pembelajaran Two Stay Two Stray dan Think Pair Share pada (materi Sebaran Daerah Rawan Bencana Alam di Indonesia) kelas X IPS SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Eksperimental desain “Postest-Only Control Group Design”. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPS SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun ajaran 2015/2016. Sampel diambil dengan teknik Cluster Random Sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas X IPS 2, X IPS 3 dan X IPS 4. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan teknik tes dalam bentuk soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah Anava Satu Jalan dan uji pasca anava (Metode Scheffe’) dengan taraf signifikasi 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) ada perbedaan hasil belajar Geografi peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran Two Stay Two Stray, Think Pair Share, dan Diskusi dengan perolehan nilai Fobs > Fα; (2) hasil belajar Geografi yang menggunakan metode pembelajaran Two Stay Two Stray lebih baik dibandingkan dengan metode pembelajaran Diskusi; (3) hasil belajar Geografi yang menggunakan metode pembelajaran Think Pair Share lebih baik dibandingkan dengan metode pembelajaran Diskusi; (4) hasil belajar Geografi yang menggunakan metode pembelajaran Two Stay Two Stray lebih baik dibandingkan dengan metode pembelajaran Think Pair Share. Berdasarkan data tersebut maka dapat diketahui bahwa metode pembelajaran yang memiliki pengaruh paling besar adalah metode Two Stay Two Stray, disusul metode Think Pair Share, dan metode Diskusi.
Kata kunci : Two Stay Two Stray, Think Pair Share dan Hasil Belajar Geografi

×
Penulis Utama : Arif Srirahmad Isnain
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5412015
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay-Two Stray dan Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Geografi Peserta Didik (Materi Sebaran Daerah Rawan Bencana Alam di Indonesia) Kelas X IPS SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Geografi-K.5412015-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sarwono, M.Pd
2. Drs. Sugiyanto, M.Si, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.