Penulis Utama : Harum Aris Styaningsih
NIM / NIP : K6412032
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan media komik digital terhadap minat belajar PPKn siswa pada kompetensi dasar mendeskripsikan kasus pelanggaran dan upaya penegakan HAM di kelas VII SMP Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan true experimental design yaitu dengan model posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 7 Surakarta yang berjumlah 254 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling (area sampling). Kemudian terpilihlah dua kelompok sampel yaitu kelas VII A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII B kelompok kontrol. Metode pengumpulan data  menggunakan dokumentasi, observasi dan angket. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data menggunakan analisis uji t-tes.

Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata hasil angket minat belajar PPKn siswa kelas eksperimen yaitu 79,80 dan kelas kontrol yaitu 74,84 menunjukkan bahwa rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel atau 2,074>1,999, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa terdapat perbedaan minat belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media Komik Digital Terhadap Minat Belajar PPKn Siswa Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Kasus Pelanggaran dan Upaya Penegakan HAM (Studi Pada Kelas VII SMP Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016). Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan rerata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol

Kata kunci: Media Komik Digital, Minat Belajar

×
Penulis Utama : Harum Aris Styaningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6412032
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh Penggunaan Media Komik Digital Terhadap Minat Belajar Ppkn Siswa Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Kasus Pelanggaran dan Upaya Penegakan HAM (Studi Pada Kelas VII SMP Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-K.6412032-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Winarno, S.Pd., M.Si
2. Muh. Hendri Nuryadi, S.Pd., M.Sc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.