Penulis Utama : Desy Nugraheni
NIM / NIP : K6412016
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan media pembelajaran powerpoint menggunakan aplikasi Ispring Free terhadap penguasaan kompetensi dasar menunjukkan sikap positif terhadap kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia pada siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Surakarta tahun ajaran 2015/2016.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Sampel yang terpilih adalah kelas VIII A dan VIII E dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian true experimental design. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket dan lembar observasi. Uji ketepatan dan kesahihan angket penguasaan kompetensi dasar menunjukkan sikap positif terhadap kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia digunakan uji validitas dan reliabilitas. Adapun untuk menghitung valid tidaknya pernyataan angket digunakan rumus korelasi product moment. Sedangkan reliabilitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah reliabilitas internal dengan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik regresi satu prediktor.

Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengaruh antara penerapan media pembelajaran powerpoint menggunakan aplikasi Ispring Free (X) terhadap penguasaan kompetensi dasar menunjukkan sikap positif terhadap kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia (Y) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data diperoleh nilai rxy=0,723 dengan N=32 dan taraf signifikansi 5% serta rtabel=0,349. Sehingga rhitung (0,723) > rtabel (0,349), jadi disimpulkan ada pengaruh antara variabel X dan variabel Y. Besarnya pengaruh atau sumbangan media pembelajaran powerpoint menggunakan aplikasi Ispring Free terhadap penguasaan kompetensi dasar menunjukkan sikap positif terhadap kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia sebesar 52,3%. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan media pembelajaran powerpoint menggunakan aplikasi Ispring Free terhadap penguasaan kompetensi dasar menunjukkan sikap positif terhadap kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia pada siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Surakarta tahun ajaran 2015/2016.

Kata Kunci : media powerpoint, Ispring Free, kompetensi dasar, kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia

×
Penulis Utama : Desy Nugraheni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6412016
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Powerpoint Menggunakan Aplikasi Ispring Free Terhadap Penguasaan Kompetensi Dasar Menunjukkan Sikap Positif Terhadap Kedaulatan Rakyat dan Sistem Pemerintahan Indonesia Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-K.6412016-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rini Triastuti, S.H., M.Hum
2. Drs. Hassan Suryono, S.H, M.H, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.