Penulis Utama : Dhimas Bayu Kusuma
NIM / NIP : K6412018
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran jurisprudential inquiry berbantuan media video berbasis social issue terhadap ketrampilan intelektual siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA N 1 Banyudono yang berjumlah 180. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS 1 dan XI IIS 3 yang berjumlah 62 siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen (experimental research). Desain penelitian yang digunakan adalah true experimental design dengan pretest only control design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Skala, dan Tes. Teknik Analisis data yang digunakan adalah analisis data inferensial dengan teknik analisis regresi satu prediktor.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji hipotesis yang dilakukan dengan analisis regresi dengan menggunakan program komputer IBM SPSS Statistics 22 dapat diketahui uji korelasi pearson diperoleh rxy adalah 0,391 dan rtabel dengan N=31 taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 0,355. Sehingga dapat disimpulkan bahwa rxy > rtabel, atau 0,3914>0,355. Artinya, ada pengaruh antara variabel X dan variabel Y (Ho ditolak dan Ha diterima). Berdasarkan uji signifikansi, nilai ρ (probability value/critical value) yang diperoleh sebesar 0,029. Nilai ρ yang diperoleh lebih kecil dari nilai α yang ditentukan yaitu sebesar 5% (α = 0,05). Jadi, dapat diketahui nilai ρ lebih kecil (<) dari pada nilai α yang ditentukan (0,029 < 0,05), artinya H0 ditolak. Berdasarkan uji koefisien regresi sederhana dan uji koefisien determinasi diperoleh nilai persamaan regresi 61,21 + 0,3x dan nilai r2 sebesar 15,32%. Maka dari perhitungan tersebut dapat disimpulkan terdapat pengaruh antara model pembelajaran jurisprudential inquiry berbantuan media video berbasis social issue terhadap ketrampilan intelektual siswa pada kompetensi dasar menganalisis kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara.
Kata kunci: Jurisprudential Inquiry, Ketrampilan Intelektual, Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara.

×
Penulis Utama : Dhimas Bayu Kusuma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6412018
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh Model Pembelajaran Jurisprudential Inquiry Berbantuan Media Video Berbasis Social Issue Terhadap Ketrampilan Intelektual Siswa (Studi pada KD Menganalisis Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Sebagai Warga Negara Mata Pelajaran PPKn Kelas XI SMA N 1 Banyudono Tahun Ajaran 2015/2016)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-K.6412018-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Triyanto, SH., Mhum.
2. Wijianto S.Pd., M.sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.