Penulis Utama : Jalu Tommy Prawoto
NIM / NIP : K5412037
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) apakah ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran jurisprudential inquiry berbantuan media video terhadap keterampilan intelektual peserta didik. (2) apakah ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran jurisprudential inquiry berbantuan media video terhadap hasil belajar peserta didik.  
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA N 1 Karanganyar yang dibagi menjadi 4 kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 yang berjumlah 66 peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen (experimental research). Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi experimental design dengan nonequivalent control group design. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, dan Tes. Teknik Analisis data yang digunakan adalah uji anava satu arah dengan taraf signifikan 0,5%.

Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran jurisprudential inquiry berbantuan media video terhadap keterampilan intelektual peserta didik yang dibuktikan dengan perbandingan rerata 22,8888 : 20,8056  diuji menggunakan one way anava dengan taraf signifikansi 5% diperoleh F obs  > F tabel  (7,98131106 > 3,07). (2) terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran jurisprudential inquiry berbantuan media video terhadap hasil belajar peserta didik yang dibuktikan dengan perbandingan rerata 10,1111 : 8,1949 yang di uji dengan one way anava dengan taraf signifikansi 5% diperoleh F obs (27,35758 > 4,56).

Kata kunci: Jurisprudential Inquiry, Keterampilan Intelektual, Hasil Belajar.  > F tabel

×
Penulis Utama : Jalu Tommy Prawoto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5412037
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh Model Pembelajaran Jurisprudential Inquiry Berbantuan Media Video Terhadap Keterampilan Intelektual dan Hasil Belajar Peserta Didik (pada Materi Eksplorasi dan Eksploitasi Barang Tambang yang Ramah Lingkungan Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS SMA N 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pendidikan Geografi-K5412037 -2019
Kata Kunci : Jurisprudential Inquiry, Keterampilan Intelektual, Hasil Belajar. > F tabel
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof.Dr. Chatarina Muryani, M.Si
2. Dr. Yasin Yusup, M.Si
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.