Penulis Utama : Hera Dwi Nurwitasari
NIM / NIP : S351408030
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2012 Tentang Pajak Bumi Bangunan Perdesaan Perkotaan (PBB PP) di Kabupaten Sleman, untuk mengetahui factor penghambat Implementasi Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2012 Tentang Pajak Bumi Bangunan Perdesaan Perkotaan (PBB PP) di Kabupaten Sleman.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian hukum empiris Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan sifat penelitian kualitatif, dengan lokasi penelitian di Kabupaten Sleman. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder, Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini untuk mendapatkan data primer adalah melalui wawancara. Sementara itu, untuk mendapatkan data sekunder sebagai pendukung data primer maka bahan hukum dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan sistem kartu (card system). Teknik Pengolahan Dan Analisis Data baik data lapangan maupun data kepustakaan diklasifikasikan secara kualitatif sesuai dengan permasalahan. Data tersebut dianalisis dengan teori-teori yang relevan. Kemudian ditarik kesimpulan untuk menjawab masalah. Akhirnya data tersebut disajikan secara deskriptif analisis.
Berdasarkan hasil penelitian, bahwa Implementasi PerdaNomor 11 Tahun 2012 di terapkan, hanya aturan mengenai tarif PBB PP untuk Lahan Pertanian Berkelanjutan di dalam Pasal 8 ayat (1) belum diterapkan disebabkan terdapat factor penghambat dalam penerapannya. Faktor penghambatnya berupa Sumber Daya Anggaran, Sumber Daya Manusia, dan kekurangan pengetahuan mengenai pendataan.
Berdasarkan uraian diatas maka untuk mencegah alih fungsi lahan pertanian ke non pertanian maka diharapkan pemerintah kabupaten Sleman perlu mengambil kebijakan strategis untuk mencegah peningkatan itu.
Kata Kunci : Implementasi, Peraturan Daerah, PBB PP, Alih Fungsi Lahan Pertanian.

×
Penulis Utama : Hera Dwi Nurwitasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S351408030
Tahun : 2016
Judul : Implementasi Perda Nomor 11 Tahun 2012 Tentang Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan Perkotaan (PBB PP) dalam Mengurangi Alih Fungsi Lahan Pertanian di Kabupaten Sleman
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Kenotariatan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Magister Kenotariatan-S.351408030-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Djoko Wahju Winarno. SH., MS.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.