Penulis Utama : Nur Afifah
NIM / NIP : K8114046
×

Penelitian ini beranjak dari permasalahan anak usia  5-6  tahun dalam memahami  konsep  pengukuran. Tujuan  penelitian  ini adalah  untuk mengetahui pengaruh  model pembelajaran  kontekstual  terhadap pemahaman  konsep pengukuran  pada  anak  usai  5-6 tahun. Penelitian  ini  merupakan penelitian kuantitatif quasi eksperimen dengan desain non equivalen kontrol grup desain.
Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK AisyiyahBustanul Athfal  Bulurejo, Juwiring, Klaten. Sampel  penelitian ini sejumlah 42anak usia 5-6 tahun. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik tes untuk data pemahaman konsep pengukuran anak. Analisis data menggunakan  t-test denganbantuan SPSS 22 for windows.
Hasil  analisis data menunjukkan bahwa terdapat  pengaruh  model pembelajaran  kontekstual  terhadap  pemahaman  konsep pengukuran  pada  anak usia  5-6  tahun.  Implikasi  dari  penelitian  ini semakin  memperkuat alasan pentingnya model pembelajaran  kontekstual  pada  anak  usia  dini,  karena model pembelajaran kontekstual sesuai dengan tahap perkembangan kognitif anak.

×
Penulis Utama : Nur Afifah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8114046
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Pemahaman Konsep Pengukuran pada Anak Usia 5-6 Tahun
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. PG-PAUD-K8114046-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Anayanti Rahmawati, S.Psi., Psi., M.A.
2. Ruli Hafidah, S.Pd., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.