Penulis Utama : Lia Budi Cahyani
NIM / NIP : D0214054
×

ABSTRAK

REPRESENTASI KETIDAKADILAN GENDER DALAM FILM (Studi Analisis Isi Kualitatif mengenai Marginalisasi, Subordinasi, Stereotip, Kekerasan Fisik, Kekerasan Nonfisik, dan Beban Kerja Domestik terhadap Perempuan dalam Film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak (2017)). Skripsi. Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sebelas Maret. Surakarta. 2018.

Upaya pemenuhan adil gender agar kaum perempuan setara dengan kaum laki-laki telah diupayakan sejak ratusan tahun yang lalu. Namun, hingga kini berbagai konstitusi terkait belum dapat banyak mengubah nasib para perempuan. Realitas ini tidak saja ditemukan dalam kehidupan nyata, tetapi juga telah sering terepresentasi dalam media film. Permasalahan gender yang digambarkan dalam film biasanya tidak jauh dari konsepsi sosial dan kultural masyarakat di mana film tersebut dibuat.
Penelitian ini berfokus pada isu gender dalam pesan-pesan media film. Kajian gender dalam media film dirasa penting untuk diteliti mengingat media film mempunyai peranan penting untuk mengomunikasikan isu sekaligus mengedukasi adil gender kepada khalayak. Adapun tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana representasi ketidakadilan gender dalam film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak (2017).
Penelitian ini termasuk pada jenis penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis isi dengan pendekatan kualitatif (analisis isi kualitatif). Sementara, teknik pengambilan sampel yang diterapkan dalam penelitian ini adalah teknik sensus atau sampel total. Sampel yang diteliti adalah sebanyak populasinya yaitu seluruh adegan film Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak (2017) yang berjumlah 78 adegan. Penelitian ini menggunakan Teori Struktural Fungsional sebagai pisau analisis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam film Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak (2017) ditemukan adegan-adegan yang menampilkan ketidakadilan gender terhadap kaum perempuan. Berdasarkan bentuknya, manifestasi ketidakadilan gender yang menimpa para tokoh perempuan dalam film dikelompokkan ke dalam enam kategori yakni marginalisasi, subordinasi, stereotip, kekerasan fisik, kekerasan nonfisik, dan beban kerja domestik. Ketidakadilan gender tersebut pada hakikatnya berangkat dari perbedaan gender yang dikonstruksi secara sosial budaya oleh masyarakat setempat.

Kata Kunci: Analisis Isi Kualitatif, Representasi, Film, Ketidakadilan Gender, Perempuan.

×
Penulis Utama : Lia Budi Cahyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0214054
Tahun : 2018
Judul : Representasi Ketidakadilan Gender dalam Film (Studi Analisis Isi Kualitatif mengenai Marginalisasi, Subordinasi, Stereotip, Kekerasan Fisik, Kekerasan Nonfisik, dan Beban Kerja Domestik terhadap Perempuan dalam Film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak (2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIPOL - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Program Studi Ilmu Komunikasi-D0214054 -2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. H. Pawito, Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.