Penulis Utama : Adnan Fadkhurosi
NIM / NIP : K3114001
×

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan Prototipe-1, “Pengembangan Panduan Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif melalui Pemecahan Masalah Kreatif Model James Higgins pada Siswa SMP”   berdasarkan hasil kajian empirik dan kajian teoritik yang selanjutnya siap untuk diuji validitas, kepraktisan, dan keefektifannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development), namun secara konkrit hanya sampai langkah penelitian dan pengembangan ke tiga atau menghasilkan produk yang berwujud prototipe-1. Peneliti mennggunakan hasil studi pendahuluan yang telah dilakukan oleh Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, FKIP UNS angkatan 2012 berupa data kebutuhan dan kepentingan siswa se eks-karesidenan Surakarta (Subjek eksplorasi yaitu siswa, guru BK, dan orang tua). Selain hasil studi pendahuluan peneliti juga menggunakan data hasil studi lapangan yang dilakukan pada tiga sekolah berbeda. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah sebagai berikut. Pertama, kajian empirik memuat dua hasil studi yaitu studi pendahuluan dan studi lapangan. Kedua studi di atas menunjukan bahwa keterampilan berpikir kreatif sangat dibutuhkan dan sangat penting bagi siswa sekaligus perlu dibuat panduan peningkatan keterampilan berpikir kreatif. Kedua, kajian teoritik yang didapat melalui studi kepustakaan yaitu pengertian berpikir kreatif, faktor-faktor yang mempengaruhi berpikir kreatif, ciri-ciri individu yang kreatif, bentuk-bentuk berpikir kreatif, pengertian pemecahan masalah kreatif, dan langkah-langkah pemecahan masalah kreatif. Berdasarkan kajian empirik dan teoritik di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa perlu dibuat panduan tentang peningkatan keterampilan berpikir melalui pemecahan masalah kreatif model James Higgins pada siswa SMP yang siap di uji secara validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Panduan tersebut terdiri dari dua buku, yaitu (1) Buku Panduan dan (2) Lembar Kerja Siswa. 
 
Kata kunci: panduan peningkatan keterampilan berpikir kreatif, pemecahan masalah kreatif model James Higgins, siswa SMP.

×
Penulis Utama : Adnan Fadkhurosi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3114001
Tahun : 2018
Judul : Pengembangan Panduan Peningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Melalui Pemecahan Masalah Kreatif Model James Higgins Pada Siswa Smp
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Program Studi Bimbingan dan Konseling-K3114001 -2018
Kata Kunci : panduan peningkatan keterampilan berpikir kreatif, pemecahan masalah kreatif model James Higgins, siswa SMP.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Edy Legowo, M.Pd.,
2. Agus Tri Susilo, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.