Penulis Utama : Fadilah Nur Sugiyanto
NIM / NIP : S831608059
×

Penelitian pengembangan modul sistem pernapasan berbasis CPS disertai mind mapping bertujuan untuk: 1) mengetahui karakteristik modul sistem pernapasan berbasis CPS disertai mind mapping untuk memberdayakan keterampilan berpikir kreatif dan pemecahan masalah; 2) mengetahui kelayakan modul sistem pernapasan untuk memberdayakan keterampilan berpikir kreatif dan pemecahan masalah; 3) mengetahui efektivitas modul sistem pernapasan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan pemecahan masalah siswa kelas XI SMA.
Penelitian dan pengembangan modul sistem pernapasan menggunakan prosedur Borg & Gall yang dimodifikasi sesuai dengan tujuan penelitian terdiri atas 9 tahapan yaitu: 1) penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi; 2) perencanaan; 3) pengembangan produk awak; 4) uji coba lapangan permulaan; 5) revisi produk utama; 6) uji lapangan utama; 7) revisi produk operasional; 8) uji lapangan operasional; 9) revisi produk akhir. Subjek yang digunakan pada uji lapangan operasional yaitu siswa XI SMA Negeri 1 Cawas dan SMA Negeri 1 Polanharjo di Kabupaten Klaten. Analisis data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif mengenai karakteristik modul, analisis kelayakan modul berdasarkan skor kriteria, dan analisis peningkatan keterampilan berpikir kreatif dan pemecahan masalah melalui uji gain ternormalisasi.
Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) modul sistem pernapasan hasil pengembangan dengan karakteristik aktivitas di dalam modul secara terstruktur dan sistematis mengacu pada sintaksis model CPS yang telah diintegrasikan dengan mind mapping. Aktivitas modul telah dirancang sebagai pelatihan setiap indikator keterampilan berpikir kreatif dan pemecahan masalah, 2) modul sistem pernapasan yang telah dikembangkan mencapai kriteria sangat baik berdasarkan penilaian oleh validator ahli, praktisi pendidikan, dan kelompok siswa, 3) modul sistem pernapasan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan pemecahan masalah di sekolah kategori tinggi, namun kurang efektif meningkatkan keterampilan pemecahan masalah di sekolah kategori rendah.

×
Penulis Utama : Fadilah Nur Sugiyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S831608059
Tahun : 2018
Judul : Pengembangan Modul Sistem Pernapasan Berbasis Creative Problem Solving disertai Mind Mapping untuk Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Sains
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Sains-S831608059-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Mohammad Masykuri, M.Si.
2. Dr. Muzzazinah, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.