Penulis Utama : Suci Fathonah Wati
NIM / NIP : K7118211
×

Suci Fathonah Wati. ANALISIS KETERAMPILAN 4C (CRITICAL THINKING AND PROBLEM SOLVING, COMMUNICATION, COLLABORATION, CREATIVITY AND INNOVATION) DALAM BUKU SISWA KELAS IV SUBTEMA AKU DAN CITA-CITAKU. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2022.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis keterampilan 4C (Critical Thinking and Problem Solving, Communication, Collaboration, Creativity and Innovation) dalam tatanan aktivitas buku siswa kelas IV subtema Aku dan Cita-Citaku.

Desain penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan yakni pendekatan analisis isi. Pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumen. Uji validitas menggunakan triangulasi teori dan meningkatkan ketekunan pengamatan. Teknik analisis data melalui 3 tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan komunikasi ditemukan sebesar 100 %, kegiatan Ayo Membaca paling banyak mengarahkan untuk berkomunikasi. Keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah ditemukan sebesar 76%, kegiatan Ayo Berlatih paling banyak mengarahkan peserta didik untuk berpikir kritis dan pemecahan masalah. Keterampilan kolaborasi ditemukan sebesar 37%, kegiatan Ayo Berdiskusi paling banyak mengarahkan peserta didik untuk berkolaborasi. Keterampilan kreatif dan inovatif ditemukan sebesar 16%, kegiatan Ayo berlatih dan Kerja sama dengan Orang Tua paling banyak mengarahkan peserta didik untuk kreatif dan inovatif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan yang disajikan dalam subtema tersebut memuat keterampilan 4C.

Kata Kunci: Keterampilan 4C, Berpikir kritis dan pemecahan masalah, komunikasi, kolaborasi, kreatif dan inovatif, buku siswa. 

×
Penulis Utama : Suci Fathonah Wati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7118211
Tahun : 2022
Judul : Analisis Keterampilan 4C (Critical Thinking And Problem Solving, Communication, Collaboration, Creativity And Innovation) dalam Buku Siswa Kelas IV Subtema Aku dan Cita-Citaku
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Keterampilan 4C, Berpikir kritis dan pemecahan masalah, komunikasi, kolaborasi, kreatif dan inovatif, buku siswa.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Jenny Indrastoeti Siti Poerwanti, M.Pd
2. Dra. Sularmi, M.Pd
Penguji : 1. Dr. Idam Ragil Widianto Atmojo, S.Pd.,M.Si
2. Dr. Karsono, S.Sn, M.Sn
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.