Penulis Utama : Aldityas Eko Wibawanto
NIM / NIP : S921408002
×

Latar Belakang : Prevalensi diabetes melitus secara global semakin meningkat. Komplikasi tersering diabetes melitus salah satunya adalah neuropati perifer karena menyebabkan rusaknya sel di berbagai jalur. Fungsi penghidu terganggu pada pasien diabetes melitus sehingga mempengaruhi kualitas hidup tetapi pasien tidak menganggap pentingnya hal ini.
Tujuan: Menganalisis hubungan antara neuropati perifer dengan gangguan fungsi penghidu pada pasien diabetes melitus tipe 2.
Metode : Penelitian ini merupakan studi observasional analitik dengan desain Cross Sectional sejak September sampai Oktober 2018. Subjek penelitian adalah pasien diabetes melitus tipe 2 dengan neuropati perifer yang sesuai dalam kriteria inklusi di Poliklinik Endokrinologi dan Ilmu Kesehatan T.H.T.K.L. RSUD Dr.Moewardi Surakarta. Pasien diabetes melitus tipe 2 dilakukan pemeriksaan DNS (Diabetic Neuropathy Symptoms Score) dan DNE (Diabetic Neuropathy Examination) dan pemeriksaan fungsi penghidu dengan Sniffin Stick Test Bughart. Analisis statistik menggunakan spearman-rank.
Hasil : Didapatkan hubungan yang signifikan antara neuropati perifer DNS dan DNE dengan gangguan fungsi penghidu dengan nilai r = -0,414; r = -0,424 dan p = 0.003; p = 0,002. Kesimpulan : Neuropati perifer berhubungan secara signifikan terhadap gangguan fungsi penghidu pada pasien diabetes melitus tipe 2.

×
Penulis Utama : Aldityas Eko Wibawanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S921408002
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Antara Neuropati Perifer dengan Gangguan Fungsi Penghidu Pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : PPDS THT
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Magister Pendidikan Dokter Spesialis-S921408002-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. dr. S. Hendradewi, Sp.T.H.T.K.L.(K), Msi.Med, FICS
2. dr. Putu Wijaya K., Sp.T.H.T.K.L.(K), FICS
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.