Penulis Utama : Maria Sekar Aprilia
NIM / NIP : E0014253
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan perlindungan hukum pekerja dalam perjanjian kerja waktu tertentu di PT. Lentera Abadi Surakarta serta untuk mengetahui upaya perusahaan dalam memberikan pemenuhan hak terhadap pekerja dalam perjanjian kerja waktu tertentu untuk memberikan perlindungan hukum terhadap pekerja.
Penelitian ini merupakan penelitian hukum normative (in concreto) yang bersifat preskriptif dan terapan. Pendekatan yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah pendekatan perundang-undangan. Sumber bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder dengan teknik pengumpulan bahan hukum yang digunakan yaitu dengan studi dokumen dan konfirmasi kepada pihak yang bersangkutan. Analisis data yang dilakukan oleh penulis adalah dengan metode silogisme melalui pola pikir deduktif.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dihasilkan simpulan yakni penerapan perlindungan hukum pekerja dalam perjanjian kerja waktu tertentu di PT. Lentera Abadi Surakarta belum sepenuhnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku yaitu Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan peraturan perundang-undangan lain terkait perjanjian kerja waktu tertentu antara lain berkaitan dengan jangka waktu perjanjian kerja, upah minimum, jam lembur, pemberian jaminan sosial pekerja, pelaksanaan waktu lembur, dan pelaksanaan cuti dikarenakan kurangnya pengetahuan pekerja dan pengusaha akan peraturan terkait PKWT serta besarnya kebutuhan pekerja akan pekerjaan sehingga dalam pelaksanaannya mengabaikan hak-hak apa saja yang seharusnya didapatkan sebagai pekerja.


Kata Kunci: Perlindungan Hukum Pekerja, Perjanjian Kerja Waktu Tertentu, Hak pekerja,  PT. lentera Abadi Surakarta.

 

×
Penulis Utama : Maria Sekar Aprilia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0014253
Tahun : 2018
Judul : Perlindungan Hukum Pekerja dalam Perjanjian Kerja Waktu Tertentu di Pt. Lentera Abadi Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Hukum Jur. Hukum-E0014253-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Purwono Sungkowo Raharjo, S.H., M.H
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.