Penulis Utama : Widyanti Soewoto
NIM / NIP : T501108016
×

Latar Belakang:
Kanker payudara merupakan kanker paling banyak pada wanita di seluruh dunia. Etiologi terjadinya kanker payudara tidak diketahui secara pasti, dan beberapa teori sudah membuktikan bahwa hormon estrogen memegang peranan penting. Estrogen dapat menyebabkan kanker payudara melalui mekanisme reseptor dependent maupun mekanisme independent. Melalui tindakan mediasi oleh reseptor  tersebut,  estradiol  akan  meningkatkan  proliferasi  dari  sel  payudara normal, faktor ini merupakan penyebab terkait dengan pertumbuhan kanker payudara. Ekspresi Ki67 menunjukan adanya   peningkatan   pertumbuhan sel kanker dan tidak diekspresikan selama proses perbaikan DNA, sehingga Ki67 dianggap sebagai penanda proliferasi sel kanker payudara. Adanya polimorfisme pada enzim   catechol – o – methyltransferase (COMT)  yang berperan  dalam proses katabolisme katekol estrogen akan mempengaruhi grading dari kankernya.
Tujuan :
Membuktikan pengaruh kadar estradiol, polimorfisme cathecol – o – methyltransferase (COMT) dan ekspresi Ki67 terhadap grading kanker payudara pada wanita risiko tinggi dan risiko rendah.
Metode :
Penelitian cross sectional, sebanyak 108 sampel penelitian Penelitian dilakukan di Sub Bagian Bedah Onkologi Rs Dr Muwardi, dilakukan  anamnesis untuk melihat faktor risiko kanker payudara, memeriksa imunohistokimia Ki67, mencatat hasil grading Patologi Anatomi, dan mengambil sampel darah. Pemeriksaan serum estradiol  dilakukan  di  Lab  Biomedik  FK  UNS,  pemeriksaan  imunohistokimia Ki67 dan grading di Lab Patologi Anatomi FK UNS, sedangkan pemeriksaan polimorfisme COMT di Lab Prodia Surakarta.
Hasil :
Didapatkan pengaruh yang bermakna pada ekspresi Ki67 jaringan kanker terhadap grading  pada  wanita  risiko  tinggi  menurut  riwayat  menyusui  dan  menarche dengan nilai p=0,025 dan p=0,050. Berdasarkan analisis multivariate, Ki67 pada wanita risiko tinggi menurut usia merupakan faktor risiko untuk tingginya grading dengan nilai p=0,011 OR 13,277. Polimorfime COMT pada wanita risiko rendah menurut menopause dan riwayat keluarga memberikan fakrot risiko untuk tingginya grading kanker payudara, dengan nilai p=0,025 OR=6,981 dan nilai p=0,042 OR=16,109.
Kesimpulan :
Kadar estradiol tidak berpengaruh terhadap grading dari kanker payudara, lama paparan estradiol lebih berpengaruh terhadap mekanisme karsinogenesis kanker payudara yang ditandai adanya pengaruh yang bermakna pada Ki67 pada wanita risiko tinggi menurut riwayat menyusui dan menarche dan Ki67 dan polimorfime COMT mempunyai risiko terhadap tingginya grading kanker payudara.

×
Penulis Utama : Widyanti Soewoto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : T501108016
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Estradiol, Polimorfisme Cathecol – O – Methyltransferase (COMT) dan Ekspresi KI67 Terhadap Grading Histopatologi Kanker Payudara Pada Wanita Risiko Tinggi dan Risiko Rendah
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-3 Ilmu Kedokteran
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Ilmu Kedokteran-T501108016-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Disertasi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ambar Mudigdo, dr., SpPA (K).
2. Prof. Dr. Teguh Aryandono, dr., SpB(K)Onk.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.