Penulis Utama : Miftah Ul Jannah
NIM / NIP : K5413044
×

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui bagaimana terbentuknya praktek prostitusi di daerah sekitar RRI Surakarta; (2) Mengetahui bagaimana pengaruh sosial media terhadap aktivitas prostitusi di daerah sekitar RRI Surakarta; (3) Mengetahui bagaimana bentuk ruang yang tercipta sebagai akibat dari pengaruh sosial media terhadap aktivitas prostitusi di daerah sekitar RRI Surakarta;
Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang berada di sekitar RRI Surakarta. Sampel yang diambil adalah masyarakat sekitar, wanita pekerja seks (offline maupun online), instansi pemerintahan (Lurah, Satpol PP, Linmas). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Miles and Hubberman.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Daerah sekitar RRI Surakarta sudah ditetapkan sebagai lokasi yang diberi stempel hitam yang artinya bahwa lokasi tersebut diizinkan sebagai tempat prostitusi sejak tahun 1930-an. Akibat tuntutan globalisasi dan semakin canggihnya teknologi maka muncullah beragam sosial media seperti facebook, twitter, blackberry massanger. Dikelola dengan kurang tepat menjadikan sosial media tersebut sebagai suatu sarana kejahatan maya atau cyber crime yang salah satunya adalah prostitusi yang dilakukan secara online di daerah sekitar RRI Suarakarta. (2) Munculnya aktivitas prostitusi online di sekitar RRI Surakarta memberikan keuntungan bagi para pekerja seks. Selain mereka dapat mengontrol wilayah kerja mereka sendiri, hal tersebut berdampak pada tingkat pendapatan pekerja seks tersebut. (3) Dengan memanfaatkan peran sosial media, maka ruang yang terbentuk adalah ruang maya. Dimana yang tergabung dalam ruang tersebut hanya mereka yang mengatahui bagaimana prostitusi online disekitar RRI berjalan. Akan sangat sulit dilacak darimana asalnya karena jaringan sosial media yang begitu luas dan tanpa batas. Dengan alasan tersebut yang kemudian menjadikan prostitusi online sebagai taktik bagi para pekerja seks disekitar RRI agar mereka bisa lolos ketika ada razia.

×
Penulis Utama : Miftah Ul Jannah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5413044
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Sosial Media terhadap Pembentukan Ruang Sosial dan Cara Interaksi Wanita Pekerja Seks di Daerah Sekitar RRI Surakarta Tahun 2017 (Modul Untuk Pembelajaran IPS SMP kelas VIII pada kompetensi dasar 3.3 Mendiskripsikan Fungsi dan Peran Kelembagaan Sosial, Budaya, Ekonomi dan Politik dalam Masyarakat)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Geografi-K5413044-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Yasin Yusup, S.Si, M.Si
2. Dra. Inna Prihartini, M.S.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.