Penulis Utama : Isti Fardiyanti
NIM / NIP : K7114080
×

Tujuan Penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan penerapan pendekatan RME dengan media model bangun ruang dalam peningkatan pembelajaran bangun ruang, (2) meningkatkan pembelajaran bangun ruang melalui penerapan pendekatan  RME  dengan  media  model  bangun  ruang,  (3)  mendeskripsikan kendala  dan  solusi  penerapan  pendekatan  RME  dengan  media  model  bangun ruang dalam peningkatan pembelajaran bangun ruang.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas tipe kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Wonosari berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik tes dan non tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik, triangulasi sumber, dan validitas isi. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) langkah-langkah penerapan pendekatan RME dengan media model bangun ruang yaitu:(a) memahami masalah kontekstual mrnggunakan media model, (b) menjelaskan masalah kontekstual menggunakan  media  model,  (c)  menyelesaiakan  masalah  kontekstual menggunakan media model, (d) membandingkan dan mendiskusikan jawaban menggunakan media model, dan (e) menarik kesimpulan menggunakan media model; (2) penerapan pendekatan RME dengan media model bangun ruang dapat meningkatkan pembelajaran tentang bangun ruang siswa kelas V SD Negeri 1

Wonosari tahun ajaran 2017/2018 yaitu pada siklus I persentase siswa yang tuntas mencapai 89,12%, siklus   II = 93,37%, siklus   III = 96,00%; (3) kendala yang dihadapi yaitu : siswa   kurang aktif, guru memberikan sedikit waktu untuk mencatat, membutuhkan waktu lama untuk berdiskusi, dan guru belum memberikan kesempatan siswa untuk membacakan hasil diskusi. Solusi untuk kendala-kendala tersebut yaitu: guru mendorong siswa untuk aktif, guru memberikan kesempatan kepada siswa menyelesaikan catatannya, guru memberikan waktu yang cukup untuk berdiskusi, dan memberikan kesempatan pada semua kelompokuntukmembacakan hasil diskusinya.

Simpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan RME dengan media model  bangun  ruang dapat  meningkatkan  pembelajaran  tentang bangun  ruang kelas V SD Negeri 1 Wonosari tahun ajaran 2017/2018.

×
Penulis Utama : Isti Fardiyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7114080
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education(RME) dengan Media Model Bangun Ruang dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika Tentang Bangun Ruang pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Wonosari Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7114080-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Wahyudi, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.