Penulis Utama : Winahyu Adha Yuniyati
NIM / NIP : S861608022
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis penggunaan bahan ajar sejarah Indonesia yang digunakan di SMA Negeri 1 Surakarta, (2) Mendeskripsikan prosedur penggunaan bahan ajar sejarah Pergerakan Nasional Boedi Oetomo dengan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan sikap sosial siswa SMA Negeri 1 Surakarta, (3) Mendeskrepsikan keefektifan bahan ajar sejarah Pergerakan Nasional Boedi Oetomo dengan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan sikap sosial siswa SMA Negeri 1 Surakarta.
Metode penelitian pengembangan (Research and Develophment) ini menggunakan model 4D (Define, design, develophment, dan dessemination). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Surakarta, diantaranya siswa kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas XI MIPA 7 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket sikap sosial siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Surakarta. Selanjutnya untuk menguji hipotesis digunakan uji-t.
Hasil yang diperoleh: (1) Pembelajaran sejarah Pergerakan Nasional Boedi Oetomo selama ini terfokus pada buku teks dari pemerintah dinas pendidikan dan kebudayaan tanpa ada pendamping maupun pengembangan bahan ajar dengan model pembelajaran yang disesuaikan pada kurikulum dan tujuan pendidikan nasional. (2) Bahan ajar sejarah Pergerakan Nasional Boedi Oetomo yang disusun telah divalidasi oleh ahli bahan ajar dan ahli materi yang menghasilkan penilaian dengan kategori “baik”, selanjutnya bahan ajar diujicoba terbatas dan luas kepada siswa yang menghasilkan penilaian dengan kategori “baik”. (3) Penggunaan bahan ajar sejarah Pergerakan Nasional Boedi Oetomo dengan model Problem Based Learning (PBL) terbukti efektif dalam meningkatkan sikap sosial siswa, kedua test menghasilkan taraf signifikansi sebesar 0,07 dan nilai t sebesar 2, 773 membuktikan bahwa > 0, 05. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap bahan ajar yang dikembangkan.


Kata Kunci: Bahan Ajar, Pergerakan Nasional Boedi Oetomo, Problem Based Learning (PBL), Sikap Sosial.

 

×
Penulis Utama : Winahyu Adha Yuniyati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S861608022
Tahun : 2018
Judul : Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Pergerakan Nasional Boedi Oetomo dengan Model Problem Based Learning (pbl) untuk Meningkatkan Sikap Sosial Siswa
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Jur. Pendidikan Sejarah-S861608022-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr Leo Agung S
2. Prof. Dr. Warto, M. Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.