Penulis Utama : Chaerol Riezal
NIM / NIP : S861608003
×

Abstrak

Chaerol Riezal (2018). Internalisasi Nilai-Nilai Local Genius Peumulia Jamee Melalui Pembelajaran Sejarah (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya). Tesis Program Pascasarjana, Program Studi Magister Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Pembimbing I. Prof. Dr. Hermanu Joebagio, M.Pd,. Pembimbing II. Dr. Susanto, M.Hum.
Penelitian ini dilaksanakan sejak bulan Oktober sampai bulan Desember tahun 2017 di SMA Negeri 1 Darul Makmur, yang beralamat di jalan Nasional Alue Bilie, Desa Kuta Trieng, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan pemahaman guru dan siswa tentang nilai-nilai Local Genius Peumulia Jamee, (2) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran sejarah yang terinternalisasi dengan nilai-nilai Local Genius Peumulia Jamee, (3) Menganalisis pelaksanaan pembelajaran sejarah yang terinternalisasi dengan nilai-nilai Local Genius Peumulia Jamee, (4) Menganalisis evaluasi pembelajaran sejarah yang terinternalisasi dengan nilai-nilai Local Genius Peumulia Jamee, dan (5) Mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi guru dalam menginternalisasikan nilai-nilai Local Genius Peumulia Jamee dalam pembelajaran sejarah dan cara mengatasinya di SMA Negeri 1 Darul Makmur.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan strategi penelitian studi kasus tunggal. Sumber data dalam penelitian ini adalah informan, tempat/lokasi dan peristiwa atau aktifitas, serta dokumen dan arsip. Adapun para informan yang penulis wawancarai dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru sejarah, dan siswa di SMA Negeri 1 Darul Makmur. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi langsung, wawancara mendalam, serta mencatat dokumen dan arsip. Teknik cuplikan (sampling) yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik validitas data yang dilakukan dengan tringgulasi sumber dan trianggulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis interaktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Guru dan siswa di SMA Negeri 1 Darul Makmur memahami bahwa nilai-nilai Local Genius Peumulia Jamee sebagai nilai-nilai kemanusiaan yang tercermin dalam nilai-nilai agama Islam, sosial, budaya, menghargai, menghormati, dan memuliakan. (2) Dalam perencanaan pembelajaran sejarah yang terinternalisasi dengan nilai-nilai Local Genius Peumulia Jamee di SMA Negeri 1 Darul Makmur, guru mengacu pada Kurikulum 2013 dan menyusun perangkat pembelajaran yang terdiri dari silabus dan RPP. Dari silabus yang telah disusun, guru menjabarkan dalam RPP untuk kemudian menyisipkan nilai-nilai Local Genius Peumulia Jamee dalam proses pembelajaran sejarah di kelas. (3) Pelaksanaan pembelajaran sejarah yang terinternalisasi dengan nilai-nilai Local Genius Peumulia Jamee di SMA Negeri 1 Darul Makmur sudah berjalan cukup baik, karena di dalam proses pembelajaran sejarah di kelas guru selalu memunculkan nilai-nilai Local Genius Peumulia Jamee yang terdiri dari nilai-nilai agama, toleransi, kerjasama, menghargai, menghormati, memuliakan, tanggung jawab, kejujuran, kesabaran, kesopanan, kebebasan, demokrasi, dan keaktifan kepada peserta didik. (4) Evaluasi pembelajaran sejarah ditekankan pada tiga aspek, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Dan (5) Beberapa kendala yang dihadapi dalam proses internalisasi nilai-nilai Local Genius Peumulia Jamee di SMA Negeri 1 Darul Makmur, seperti terbatasnya waktu dalam proses pembelajaran sejarah di kelas dan rendahnya keaktifan siswa di kelas. Meski demikian, guru sejarah selalu berupaya untuk mengatasi kendala yang dihadapi tersebut.

Kata Kunci : Nilai Budaya, Local Genius, Peumulia Jamee, Aceh, Pembelajaran Sejarah

×
Penulis Utama : Chaerol Riezal
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S861608003
Tahun : 2018
Judul : Internalisasi Nilai-nilai Local Genius Peumulia Jamee Melalui Pembelajaran Sejarah (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Jur. Pendidikan Sejarah-S861608003-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Hermanu Joebagio, M.Pd.
2. Dr. Susanto, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.