Penulis Utama : Rahmat Ghufron Romadhoni
NIM / NIP : R0015078
×

ABSTRAK

Latar Belakang : Proses drilling merupakan kegiatan yang memiliki potensi bahaya tinggi. Kegiatan utama proses drilling pada Area Line Drilling adalah pelubangan pada frame chassis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan sistem identifikasi bahaya, penilaian risiko, dan pengendalian dengan metode Completely Check Completely Find Out (CCCF) untuk mencegah terjadinya kecelakaan pada proses kerja pada Area Line Drilling.
Metode : Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif dengan menganalisis kemudian dilaksanakan identifikasi bahaya, penilaian risiko, dan pengendalian dengan metode Completely Check Completely Find Out (CCCF). Data diperoleh dari observasi, wawancara, dan buku-buku referensi. Pada proses penilaian CCCF, perusahaan menggunakan penjumlahan antara tingkat keparahan, kekerapan, dan kemungkinan.
Hasil : Proses kegiatan pada Area Line Drilling meliputi straightening, sub assy welding,drilling web, flange upper/lower, deburring, radial drill, plasma oval, final check. Tahapan Completely Check Completely Find Out (CCCF) yaitu define place or item, hazard identification, risk evaluation, set up priority, standardization & education, yokoten. Berdasarkan hasil penerapan CCCF potensi bahaya tersayat
Simpulan : Tahapan CCCF telah sesuai dengan standar dan peraturan perundangundangan tentang penerapan sistem identifikasi bahaya, penilaian risiko, dan pengendalian.
Kata Kunci : Identifikasi bahaya, penilaian risiko, pengendalian, Completely Check Completely Find Out (CCCF).

 

×
Penulis Utama : Rahmat Ghufron Romadhoni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0015078
Tahun : 2018
Judul : Gambaran Implementasi Completely Check Completely Find Out (Cccf) pada Area Line Drilling sebagai Upaya Pencegahan Kecelakaan Kerja di Pt. Gemala Kempa Daya, Plant Jakarta Utara, DKI Jakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2018
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Prog. Studi D.III Hiperkes dan Keselamatan Kerja-R0015078-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Iwan Suryadi, SKM, M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.