Penulis Utama : Maria Wahyu Kusumaningrum
NIM / NIP : S521402004
×

Beberapa faktor yang berhubungan dengan penderita hipertensi lansia adalah lokus kendali, dukungan keluarga dan motivasi. Hal ini disebabkan pada pasien hipertensi yang sebagian besar penderitanya lansia, lokus kendali, dukungan   keluarga dan motivasi dapat mempengaruhi  kepatuhan  pengobatan  pada  penderita  hipertensi.  Penelitian  ini  bertujuan untuk menganalisis hubungan lokus kendali, dukungan keluarga dan motivasi pada hipertensi lansia di Rumah Sakit Umum Daerah Dolopo Madiun.
Penelitian ini merupakan penelitian Observasional Analitik dengan rancangan Cross Sectional. Populasi  dalam  penelitian  ini  adalah  seluruh  pasien  hipertensi  lansia  di  Poli Penyakit Dalam RSUD Dolopo Kabupaten Madiun selama 1 bulan yaitu pada bulan Juli 2018 dengan populasi pasien sebanyak 84 orang. Pengumpulan data dengan kuesioner yang berisi pertanyaan  tentang  Lokus  Kendali  pasien,  Dukungan  Keluarga,  dan  motivasi  sedangkan untuk menilai tekanan darah menggunakan Analisis Regresi Logistik.
Berdasarkan hasil analisis statistik yang telah dijabarkan diatas semua variabel independen nilai P Value Uji Wald (Sig) < 0,05 artinya masing-masing  variabel mempunyai pengaruh parsial yang signifikan terhadap Y. Yang berarti lokus kendali, dukungan keluarga dan motivasi memberikan pengaruh parsial terhadap hipertensi pada lansia. Besarnya pengaruh ditunjukkan dengan nilai EXP (B) atau disebut juga Odds Ratio (OR). Variabel lokus kendali OR 0,072, dukungan keluarga OR 0,141 dan motivasi OR 0,322 maka akan mempengaruhi Hipertensi pada Lansia atau hipertensi terkontrol dibandingkan yang tidak memiliki l okus kendali, dukungan keluarga dan motivasi.
Ada hubungan Lokus Kendali, Dukungan Keluarga dan Motivasi dengan kejadian hipertensi pada lansia.

×
Penulis Utama : Maria Wahyu Kusumaningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S521402004
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Lokus Kendali, Dukungan Keluarga dan Motivasi dengan Hipertensi pada Lansia
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Kedokteran Keluarga
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Kedokteran Keluarga-S521402004-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Didik Gunawan Tamtomo, dr., PAK., MM., M.Kes
2. Ari Natalia Probandari, dr., MPH, PhD
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.