Penulis Utama : Sunartani Dian Arifah
NIM / NIP : K7411156
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) ada tidaknya pengaruh kebiasaan  belajar  terhadap  prestasi  belajar  siswa  pada  siswa  SMK  Negeri  1
Surakarta,  (2)  ada  tidaknya  pengaruh  variabel  gaya  belajar  terhadap  prestasi belajar siswa pada siswa SMK Negeri 1 Surakarta, (3) ada tidaknya pengaruh kebiasaan dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada siswa SMK Negeri 1 Surakarta.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif dan digunakan analisis regresi berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Surakarta tahun Pelajaran 2017/ 2018 yang berjumlah 60 siswa. Jumlah sampel yang ditetapkan adalah seluruh dari siswa kelas XI Pemasaran.  Validitas data diperoleh melalui hasil  tryout  yang dilakukan kepada 60 responden.
Dari hasil analisis yang dilakukan, diperoleh persamaan regresi sebagai berikut Y= -0,119 + 0,99 X1 + 1,022 X2. Variabel Kebiasaan Belajar (X1) memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa (Y) sebesar 0,99, variabel gaya belajar (X2) sebesar 1,022. Melalui hasil uji F diperoleh nilai probabilitas sebesar (0,000). Nilai ini lebih kecil dibandingkan 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signfikan antara variabel kebiasaan dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar pada siswa kelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Surakarta. Terdapat pengaruh secara parsial antara variabel kebiasaan dan gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa pada siswa kelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Surakarta. Hasil ini dapat diketahui melalui  uji  t  variabel  kebiasaan  belajar  diperoleh  nilai  probabilitas  sebesar (0,008), uji t variabel gaya belajar diperoleh nilai probabilitas sebesar (0,000). Nilai tersebut lebih kecil dibandingkan 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh secara parsial antara variabel kebiasaan belajar dan gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Surakarta.
Kata Kunci : Kebiasaan Belajar, Gaya Belajar, Prestasi Belajar

×
Penulis Utama : Sunartani Dian Arifah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7411156
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Kebiasaan dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis Kelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Ekonomi-K7411156-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sudarno, S.Pd., M.Pd.
2. Aniek Hindrayani, SE., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.