Penulis Utama : Muhammad Lora Fawaid
NIM / NIP : R0015064
×

ABSTRAK


Latar Belakang : PT Bina Pertiwi adalah anak perusahaan PT United Tractotors Tbk yang merupakan anggota dari Astra Heavy Equipment Mining Construction and Energy (AHEMCE) yang bergerak dalam bidang agrikultur dan peralatan industri seperti material handling, general engine, contruction machinery  dan melebarkan sayap bisnisnya ke bidang jasa konstruksi pertambangan. Dalam menjamin keberlangsungan seluruh kegiatan proses produksi, antisipasi terhadap keadaan  darurat  atau bencana sangat  diperlukan.  Tujuan  penelitian  ini  adalah untuk mengetahui pelaksanaan dan mengevaluasi sistem tanggap darurat berdasarkan Astra Green Company sebagai upaya pengendalian keadaan darurat.

Metode :  Jenis  penelitian  ini  adalah observasional  dengan  metode deskriptif, yakni penelitian yang menggambarkan implementasi sistem tanggap darurat perusahaan berdasarkan Astra Green Company. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung ke lapangan, wawancar, dokumentasi, membandingkan hasil dengan peraturan dan studi kepustakaan.

Hasil  :  Perusahaan  melakukan  identifikasi  keadaan  darurat  yakni  kebakaran, banjir, gempa bumi, tumbahan B3, huru-hara serta keracunan massal. Hasil dari identifikasi tersebut perusahaan membuat prosedur serta instruksi kerja tentang masing-masing keadaan darurat. Dalam hal sarana prasarana, perusahaan menyediakan dan dapat digunakan dalam segala keadaan darurat, namun penempatan dan jenis APAR serta komunikasi mengenai SDS B3 belum sesuai. Perusahaan telah memiliki prosesur yang harus dilakukan pasca benjana darurat terjadi.

Simpulan : Perusahaan telah menerapkan kegiatan tanggap darurat. Perusahaan telah melakukan perencanaan awal, identifikasi, pembuatan prosedur dan instruksi kerja telah sesuai dengan Astra Green Company. Namun untuk penyediaan sarana prasaran belum sesuai dengan Astra Green Company. Dan untuk kegiatan pasca bencana telah sesuai dengan Astra Green Company.

Kata Kunci : Tanggap Darurat, Astra Green Company,

 

×
Penulis Utama : Muhammad Lora Fawaid
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0015064
Tahun : 2018
Judul : Gambaran Implementasi Sistem Tanggap Darurat Berdasarkan Astra Green Company Sebagai Upaya Kesiapsiagaan Tanggap Darurat dan Pengendalian Keadaan Darurat Tahun 2018 di PT Bina Pertiwi
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS- F. Kedokteran, Prog. Studi DIII Hiperkes dan Keselamatan Kerja- R0015064-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Maria Paskanita Widjanarti, SKM, M.Sc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.